PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID MEREK SAMSUNG (Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v4n1.p%25pAbstract
Smartphone android yang menawarkan berbagai macam kelebihan seperti fitur, kecanggihan, dan kualitas yang berbeda-beda. Saat ini smartphone android merek Samsung merupakan telepon genggam yang paling diminati dan menjadi sebuah gaya hidup dikalangan masyarakat indonesia terutama mahasiswa S1 manajemen angkatan 2012-2014 universitas negeri surabaya. Selain gaya hidup, persepsi kualitas produk akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian karena dengan adanya persepsi kualitas produk tentu akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan perbandingan antara smartphone android satu dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian Smartphone Android Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya). Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan teknik analisis data regresi linier berganda serta kuesioner sebagai alat pengumpulan data responden yang kemudian diolah dengan bantuan program Statistik SPSS for windows dengan jumlah sampel 161 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya hidup dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone android merek Samsung (studi pada mahasiswa S1 manajemen angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya) sebesar 62,6% dan sisanya 37,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian ini. Diketahui bahwa variabel gaya hidup (X1) memberikan pengaruh sebesar 56,8% dan variabel persepsi kualitas produk (X2) memberikan pengaruh sebesar 2,9%.
Kata Kunci : Gaya Hidup, Persepsi Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

