PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH SALESMANSHIP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v2n3.p%25pAbstract
Hasil belajar merupakan suatu hal yang selalu menjadi topik utama dalam bidang pendidikan. Asumsi tersebut berkembang dengan pertimbangan bahwa hasil belajar merupakan indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dicapai. Maksud penilaian hasil belajar adalah untuk mengetahui sejauh mana kemajuan kemampuan individu. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan komunikasi antarpribadi. Agar komunikasi antarpribadi berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang diharapkan, perlu memiliki kecakapan sosial dan kecakapan behavioral. Dengan pemberian mata kuliah salesmanship diharapkan mahasiswa lancar dalam berkomunikasi antarpribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mata kuliah salesmanship terhadap kemampuan komunikasi antarpribadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Prodi Pendidikan Tata Niaga angkatan 2011 dan mahasiswa jurusan Manajemen Pemasaran 2011 yang telah menempuh mata kuliah salesmanship. Sampel yang diambil sebanyak 109 responden ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Dari hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 39,2% dan nilai Uji t sebesar 8,308 lebih besar dari t tabel sebesar 1,66 maka hasil belajar mata kuliah salesmanship berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi antarpribadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Kata kunci : hasil belajar, kemampuan komunikasi antarpribadi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

