PENGEMBANGAN MEDIA POP UP PENGENALAN KARIR UNTUK SISWA KELAS III SDN TAMBAKAGUNG PURI MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa terhadap media yang digunakan dalam mata pelajaran IPS kelas III yaitu pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan. Melihat pentingnya materi tersebut sebagai penunjang masa depan siswa, maka peneliti mengembangkan media pop-up pengenalan karier bagi siswa kelas III.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov (2008) menjadi 5 tahap. Karena keterbatasan waktu, peneliti hanya sampai tahap validasi ahli dan revisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasikan sebuah produk yaitu media pop-up pengenalan karier yang memenuhi kriteria aspek kelayakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop-up pengenalan karier telah memenuhi kriteria aspek kelayakan. Nilai yang diperoleh dari ahli media 91%, ahli materi 92%, dan calon pengguna 96%. Dengan begitu, secara keseluruhan memperoleh rata-rata nilai sebesar 93%, dengan kategori nilai sangat baik, tidak perlu direvisi. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pop-up pengenalan karir telah memenuhi keiteria aspek kelayakan untuk digunakan siswa kelas III SDN Tambakagung Puri Mojokerto.
Kata kunci : Pengembangan, Media pop-up, pengenalan karier
Downloads

