PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL ANALISIS STRUKTUR PORTAL 3D BERBANTUAN SAP2000 VERSI 15 (STUDI KASUS) DI JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA UNESA

  • SUGITO

Abstract

Penelitian pengembangan media video tutorial analisis struktur portal 3D berbantuan SAP2000 versi 15 (study kasus) di jurusan Teknik Sipil FT UNESA ini bertujuan untuk mengembangkan media video tutorial SAP2000 versi 15 dan untuk mengetahui pengaruh penerapan media terhadap hasil belajar mahasiswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tahapan pengembangan mulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, desain media, validasi ahli, dan uji coba terbatas pada kelompok pengguna media. Subjek penelitian kasus ini melibatkan 12 orang mahasiswa prodi S1 PTB jurusan Teknik Sipil FT UNESA. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan tes berupa pretest dan posttest. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung perolehan angket dengan deskriptif persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi tingkat kelayakan media sebesar 78,84 %, yang berarti media tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran karena telah memenuhi batas minimal kelayakan media yaitu 61%. (2) Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media video tutorial SAP2000 versi 15, ditunjukkan dari persentase mahasiswa yang lulus tes sebesar 58,3 % pada pretest menjadi 83,3 % pada posttest.

Kata kunci : Pengembangan, Video Tutorial,Portal 3D, SAP2000 15

Abstract

Research developmentmedia video tutorials-assisted 3D structural analysis portal SAP2000 version 15 (case study) in Civil Engineering FT UNESA is aimed to develop a media video tutorials SAP2000 version 15 and to determine the effect of the implementation of media on student learning results.

Research methods used development research (Research and Development) with quantitative descriptive approach. Stages of development ranging from problem definition, data collection, design media, expert validation, and testing of finite groups of media users. Subject of this case study involving 12 students study programs PTB S1 Civil Engineering FT UNESA. The data was collected by administering questionnaires and tests in the form of pretest and posttest. Data processing is performed by calculating the percentage gains with descriptive questionnaire.

The results showed that (1) The results validate the feasibility of media at 78.84%, which means that the media be used as a medium of learning because it has met the minimum eligibility is 61% media. (2) The results of the analysis of the data shows an increase in student results after using video media tutorial SAP2000 version 15, shown by the percentage of students who pass the test by 58.3% on the pretest to 83.3% on the posttest.

Keywords: Development, Video Tutorial, 3D Frame, SAP2000 15

Published
2013-05-15
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 77