PENGARUH MODIFIKASI PEMBELAJARAN UNDERPASS PERMAINAN BOLAVOLI TERHADAP MINAT SISWA KELAS V SD DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENJASORKES. (Studi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bangunsari Kabupaten Ponorogo)

  • MUHAMMAD FAIZAL

Abstract

Abstrak

Paradigma yang terjadi selama ini tentang mata pelajaran Penjasorkes yaitu membosankan, monoton, dan kurang variatif. Keadaan seperti ini tentu saja memberikan kesan yang negatif terhadap peserta didik (siswa), sehingga menimbulkan perasaan tidak suka, malas, bosan dan lain-lain, terlebih peserta didik (siswa) yang masih berusia Sekolah Dasar dimana pada dasarnya anak usia tujuh sampai dua belas tahun suka mengeksplorasi gerakan yang membuat mereka senang & gembira. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modifikasi pembelajaran passing bawah bolavoli terhadap minat siswa kelas V SD dalam mengikuti mata pelajaran penjasorkes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design, dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah ssiswa kelas V Ki Hajar Dewantara SD Negeri 1 Bangunsari Ponorogo sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner untuk mengukur seberapa besar minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran penjasorkes. Berdasarkan hasil penelitian dengan sampel sebanyak 32 siswa, rata-rata ( pre-test ) yaitu didapat jumlah skor rata-rata sebesar 3,611 dengan standart deviasi 0,601, varian sebesar 0,362 dengan skor minimal adalah 2,47 dan skor maksimal adalah 5,00.Sedangkan hasil data yang diperoleh setelah diberikan perlakuan dengan modifikasi pembelajaran passing bawah bolavoli ( post-test ) yaitu didapat jumlah skor rata-rata sebesar 4,288 dengan standart deviasi 0,573, varian sebesar 0,329 dengan skor minimal adalah 2,47 dan skor maksimal adalah 5,00. Modifikasi pembelajaran passing bawah bolavoli yang diberikan pada siswa memberikan peningkatan minat siswa terhadap mata pelajaran penjasorkes sebesar 16,89%. Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh modifikasi pembelajaran passing bawah bolavoli terhadap minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran penjasorkes memiliki nilai sig. 4.663 > 1.6905, ttabel < thitung maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari modifikasi pembelajaran passing bawah bolavoli terhadap minat siswa kelas V SD dalam mengikuti mata pelajaran penjasorkes

Kata Kunci: modifikasi pembelajaran passing bawah bolavoli, minat siswa

Abstract

Nowadays paradigm of Penjasorkes are bored, monotone, and less of creativity. These conditions surely create a negative impact to the students and make unwell feeling, laziness, bored etc. Moreover, the students in elementary school grades whom seven to twelve years old. They like explore some movements which can make them happy. The purpose of this research is to know how big the effect of underpass learning modification in volleyball games toward fifth grade students’ interest in joining Penjasorkes lesson. This research is a mien experimental research and uses “one group pre-test and post-test design” as the design where the sample of this research is thirty two students of Ki Hajar Dewantara in fifth grade state elementary school 1 Bangunsari Ponorogo. The research instrument is in the form of questionnaire for measuring how big the students’ interest in joing penjasorkes lesson. Based on the finding from the sample of thirty two students, the average (pre-test) can be found the total of average score about 3.611 with the deviation standard 0.601, variant of 2.47 and maximal score 5.00. Meanwhile, the data finding which has been got after giving the treatment with learning modification of underpass in volleyball games (post-test) can be found the average score about 4.288 with the deviation standard 0.573, variant 0.329 with the minimal score 2.47 and the maximal score 5.00. The underpass learning modification in volleyball which is given to the students can make the increasing of the students’ interest toward Penjasorkes lesson about 16.89%. Based on the data analysis about the effect of underpass learning modification in volleyball games toward fifth grade students’ interest in joining Penjasorkes lesson is sig. 4.663 > 1.6905, ttable < tcount so H0 is rejected and Ha is accepted. We can conclude from the finding that there is a significant influence from underpass learning modification in volleyball toward fifth grade students’ interest in joining Penjasorkes lesson.

Keywords: underpass volleyball learning modification, student interest. 

Published
2015-11-28
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 51