PARTISIPASI FATAYAT NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO DALAM PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEREMPUAN

  • MAYA NUR AGUSTIN

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan partisipasi Pimpinan Cabang Fatayat NU Sidoarjo dalam pendidikan politik bagi perempuan. Partisipasi mengindikasikan adanya suatu pergerakan dan perbuatan yang nyata. Dalam mewujudkan perempuan yang sadar mengenai nilai-nilai kewarganegaraan, salah satunya ialah dengan melalui upaya mendorong partisipasi dengan memberikan pendidikan politik. Pendidikan Politik bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini merupakan empat pengurus Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama yang memiliki kriteria sebagai anggota Fatayat yang aktif minimal lima tahun dan merupakan pengurus PC dan PAC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi dalam pendidikan politik yang dilakukan oleh PC Fatayat NU Sidoarjo dilakukan dengan secara struktural dan kultural.Secara struktural dilakukan secara formal oleh para kader Fatayat NU yang berada di lingkup Pimpinan Cabang. Sedangkan Secara kultural, partisipasi yang dilakukan Fatayat NU dengan memberikan pengetahuan politik kepada perempuan selain anggota Fatayat melalui tim turun kebawah (turba).Adanya keterlibatan warga negara di dalam kegiatan sosial atau civic engagement ditunjukkan oleh Fatayat NU selaku organisasi keagamaan memainkan keterlibatan di dalam kelompok sosial secara sukarela yang diberikan kepada perempuan. Dalam hubungan sosialnya dengan masyarakat, Fatayat NU melakukan partisipasi secara sukarela dalam pendidikan politik yang diharapkan dapat menumbuhkan pengetahuan dan partisipasi politik warga negara.

 

Kata Kunci: Fatayat NU, Pendidikan Politik, Partisipasi Perempuan

 

Abstract

The purpose of this study is to describe theleadership participation of Head Brach Fatayat NU Sidoarjo in political education for women.Participation indicates a movement and real action. In realizing women are aware of values of citizenship, one through efforts to encourage participation by providing political education.  The purpose of  political education to improve public awareness of their rights and duties in nation and state. This study use qualitative approach. The data collecting techniques which be used are interviewand documentation.The informen of this study are the four head branch of fatayat Nahdlatul Ulama who has criteria as a member active of fatayat least five years and is the PC and PAC. The result of the study shows thatpolitical education participation conducted by PC Fatayat NU Sidoarjo done with structurally and its cultural.Structurally done formally by kaders Fatayat NU who was in the sphere of Head Branch of. While is culturally, participation conducted Fatayat NU by giving political knowledge to woman other than a member of team Fatayat through descended beneath (turba).The involvement of citizens in social events or civic engagement indicated by Fatayat NU as a religious organization plays engagement at in social groups voluntarily given to women.In relations social with the community, Fatayat NU participated voluntarily in political education that are supposed to be grow knowledge and political participation citizens.

 

Keyword: Fatayat NU, Political Education, The Participation of  Women

Published
2016-07-21
How to Cite
NUR AGUSTIN, M. (2016). PARTISIPASI FATAYAT NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO DALAM PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEREMPUAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 4(3). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n4.p%p
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 258