FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMILIH “PASAR MALING” SURABAYA

  • Wahyu Tri Wiyoso PPKn
  • Warsono Warsono

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan konsumen lebih memilih Pasar Maling Surabaya sebagai tempat pemenuhan kebutuhan mereka, serta untuk mengetahui pendapat konsumen terhadap kualitas barang-barang yang ada di Pasar Maling. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan teori perilaku konsumen serta menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penyajian data dalam penelitian ini dengan menggunakan angka dan presentase, kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pasar Maling menjadi pilihan konsumen sebagai tempat pemenuhan kebutuhan mereka. Konsumen memilih Pasar Maling sangat dipengaruhi oleh faktor harga barang yang dijual. Simpulan dari penelitian dapat diketahui bahwa konsumen yang memilih Pasar Maling dipengaruhi oleh faktor harga sebesar 93%, faktor kualitas sebesar 75.3%, faktor promosi mempengaruhi konsumen dari lingkungan keluarga sebesar 16%, dari teman sebesar 62% dan mengetahui sendiri sebesar 22%, faktor pelayanan mempengaruhi konsumen sebesar 52%. Konsumen yang datang ke Pasar Maling berstatus masyarakat yang memiliki pendidikan rendah sampai masyarakat yang memiliki pendidikan tinggi. Pendapat konsumen mengenai barang yang diperjual belikan di Pasar Maling memiliki penilaian barang yang memiliki kualitas yang baik.

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Faktor, Pengaruh, Pasar Maling.

Abstract

Research aims to understand the reason of consumers prefer Pasar Maling Surabaya as the fulfillment of their needs, as well as to determine consumers opinions on the quality of goods avail able in yhe Pasar Maling. The analysis is done by using the theory of consumer behavior and descriptive research methods with quantitative approach. Presentation of the data in this study by using numbers and percentages, then described. The results of this study indicated that the market is becoming buglar consumer choice as a place to fulfill their needs. Consumers choose Pasar Maling is strongly influenced the factor price of goods sold. The conclution of this research is that consumers who choose Pasar Maling prices are influenced by factor of 93%, the quality factor of 75.3%, of factor influencing consumer promotions of family environment by 16%, from a friend 62% and knowing yourself 22%, factor affecting consumer services by 52%. Consumers who come to the public market status burglar with low education to people who have a higher education. Opinions consumers on goods that are threaded in the market valuations of goods thievest have had a good quality.

Keywords: Consumers Behavior, factors, influence, Pasar Maling.

Published
2014-05-14
How to Cite
Wiyoso, W., & Warsono, W. (2014). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMILIH “PASAR MALING” SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 594-690. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n2.p594-690
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 115