PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KETERLIBATAN KYAI DALAM POLITIK PRAKTIS PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Studi Kasus Desa Larangan Tokol Kabupaten Pamekasan)

  • Yudhistira Alif PPKn
  • Agus Satmoko Adi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Persepsi Masyarakat Desa Larangan Tokol Kabupaten Pamekasan terhadap keterlibatan kyai dalam politik praktis pada pemilu legislatif tahun 2014. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan variabel adalah persepsi masyarakat terhadap keterlibatan kyai dalam politik praktis pada pemilu legislatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah keseluruhan pemilih tetap di Desa Larangan Tokol Kabupaten Pamekasan sejumlah 5613 dan sampel dalam penelitian ini di ambil 10% dari populasi yang ada, maka dengan menggunakan rumus perhitungan Slovin diperoleh sampel sebesar 100 orang dan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian tersebut yaitu masyarakat di Desa Larangan Tokol Kabupaten Pamekasan setuju bahwa kyai pantas untuk duduk di perpolitikan karena kyai dianggap sebagai orang yang bisa dijadikan panutan dan dapat dijadikan pemimpin yang baik dan  memiliki dasar Islam yang kuat dan  juga masyarakat di Desa Larangan Tokol Kabupaten Pamekasan menganggap kyai dapat menampung aspirasi masyarakat. keterlibatan politik kyai dalam tingkat politik di Desa Larangan Tokol Kabupaten Pamekasan adalah sebagai tokoh politik dan sebagai tokoh agama.

Kata kunci : partisipasi politik, keterlibatan  kyai

 

Abstract

This research aims to describe the direction and the factors that influence people's political participation of Larangan Tokol Village District Pamekasan in village elections in 2014. The method used is descriptive quantitative with variables in the political participation. Selected population in this research was the overall electorate in the LaranganTokol Village 5613 voter number and sample research 100 voter (10%) and research will use the file collection methods such as questionnaires and interviews. Based on the data of this research Village electionsin rural districts Larangan Tokol classified level of citizen participation in active participation, becauseto the government's political awareness is very high in providing support to the government through election of village heads in order to advance the prosperity of society Larangan Tokol village. Larangan Tokol village level community participation in village electionsin 2014  of citizens use their ballots in the election of village heads. The factors influence the village of  District Larangan Tokol because agents of political socialization in the implementation of awareness in choosing a candidate so the village head is very high because people want to find a leader for the changes that the existing village.

Keywords : political participation, involvement of clerics

Author Biography

Yudhistira Alif, PPKn
S1 PMP-KN
Published
2014-08-25
How to Cite
Alif, Y., & Adi, A. (2014). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KETERLIBATAN KYAI DALAM POLITIK PRAKTIS PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Studi Kasus Desa Larangan Tokol Kabupaten Pamekasan). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 1127-1141. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n2.p1127-1141
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 0