PENGEMBANGAN TRAINER PARKIR MOBIL SISTEM INFORMATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT PLC KELAS XI TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

  • Agung Wahyu Sekar Alam Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Bambang Suprianto . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

PLC merupakan mata diklat jurusan otomasi Industri di SMKN 3 Boyolangu yang tingkat pemrograman yang diajarkan sudah mencapai instruksi aritmatika, namun belum ada media trainer dalam mengaplikasikan instruksi aritmatika yang diajarkan tersebut. Sedangkan yang dibutuhkan siswa bukan hanya sekedar teori saja tapi juga membutuhkan praktik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media  pengembangan trainer parkir mobil sistem informatifdi SMK Negeri 3 Boyolangu(2) Mengetahui respon siswa terhadap trainer parkir mobil sistem informatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang termasuk kedalammetode penelitian Research and Development ( R & D ). Penelitian ini dibatasi pada 7 tahap yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) analisis dan pelaporan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trainer parkir mobil sistem informatif yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini ditunjukan dari hasil validasi ahli materi dan ahli media yang mendapatkan presentase penilaian pada kelayakan trainer dengan hasil rating 87,67% dan masuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap trainer parkir mobil sistem informatif mendapatkan rating 87,74% dengan demikian trainer parkir mobil sistem informatif mendapatkan respon siswa yang sangat layak.

Kata kunci : Trainer parkir mobil,   hasil validasi trainer, respon peserta didik

Abstract

PLC is subjects Department Automation industry in SMK N 3 Boyolangu the level of programming that taught already reached arithmetic instructions, but there is no media trainers in applying the taught arithmetic instructions. While it takes the students not just theory but also takes practice

The purpose of this study was to determine the feasibility of developing a media trainer informative car parking system at SMK Negeri 3 Boyolangu (2) Knowing the students' response to the car park trainer informative system. This research is the research contains the development Method Research and Development (R & D). This study is limited to 7 stages: 1) potential and problems 2) data collection 3) product design 4) validation of designs 5) revision of design 6) the trial product 7) analysis and reporting.

The results showed that the trainer car parking system developed informative decent used as teaching materials. This is shown from the results of validation material experts and media specialists who earn a percentage on the feasibility assessment trainer with 87.67% rating or results in the category of very decent. While based on the questionnaire responses of students to the car park trainer obtain a rating system informative 87.74% there by trainer informative system of the car park including students get a very decent response.

Keywords: Trainer car parking, validation trainer, responses of students

Author Biographies

Agung Wahyu Sekar Alam, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Bambang Suprianto ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Alam, A. W., & ., B. (2015). PENGEMBANGAN TRAINER PARKIR MOBIL SISTEM INFORMATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT PLC KELAS XI TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 64