PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS LEARNBOOST UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • Retika Widyaningtyas . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Lusia Rakhmawati . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini dalah pengembangan pengelolaan pembelajaran untuk(1) mengetahui layak tidaknya media ini digunakan pada mata pelajaran elektronika dasar ditinjau dari validitas dan keefektifan, (2) mengetahui efektifitas media melalui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan e-learning berbasis LearnBoost.Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R & D ) dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental dengan bentuk One-Shot Case Study dengan nilai KKM minimum (KKM) adalah ≥ 2,67 atau B-. Tahapan dalam proses penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba pemakaian (7) analisa dan pelaporan. Penelitian ini di laksanakan di SMK Negeri 2 Bojonegoro dengan 32 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan soal tes untuk mengetahui tingkat kelulusan siswa.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kelayakan media E-Learning berbasis LearnBoost dengan nilai rating 83,33% termasuk dalam katergori valid atau baik. Hasil selanjutnya yaitu tingkat ketuntasan hasil belajar siswa, nilai rating yang didapatkan adalah 78,90% termasuk dalam kategori baikdengan siswa tuntas yaitu 75.7% dan siswa tidak tuntas 24,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan pengelolaan pembelajaran e-learning berbasis LearnBoost pada kompetensi dasar memahami transistor sebagai penguat sinyal kecil layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci :Pengembangan, Pengelolaan Pembelajaran, Media \E-Learning, Research R & D, Posttest

 

Abstract

The aims of this research is to develop learning management to know (1) the properness of this media used on subject of basic are electronics viewed from the validity and effectiveness, (2) media effectiveness through completeness of students learning achievement after using e-learning based on LearnBoost. Method used in this research was Research and Development (R & D) by using Pre-Experimental research design type of One-Shot Case Study with minimum KKM ≥ 2.67 or B-. Stages in this research process including (1) potential and problems (2) data collection (3) product design (4) design validation (5) design revision (6) usage testing (7) analysis and reporting. This research conducted in SMK Negeri 2 Bojonegoro with 32 students. Methods used for data collection were questionnaire and question test to know level of student completeness. The obtained result of this research are the properness media of E-Learning based on LearnBoost with rating 83.33% included in the category of valid or good. Then, the completeness level of student learning achievement obtained rating 78.90%, included in good category with completed students 75.7% and 24.2% for uncompleted students. Thus, could be concluded that management of e-learning based on LearnBoost on basic competence of understanding transistor as small signal amplifier is proper to be used as media in the teaching and learning process.

Key Words: Development, Learning Management Media, E-Learning Media, R&D Research, Posttest

Author Biographies

Retika Widyaningtyas ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Lusia Rakhmawati ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., R., & ., L. (2015). PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS LEARNBOOST UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 20