PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TIPTL SMKN 3 SURABAYA

  • Dendit Viegas Latuiha Maulaholo Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Subuh Isnur . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik yang pencapaiannya hanya 48.5% siswa yang tuntas memenuhi nilai KKM mata pelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah, (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik, (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran SAVI, dan (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran instalasi motor listrik.  Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi  Eksperimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian non-equivalent ¬control group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TIPTL SMK Negeri 3 Surabaya. Objek penelitian ini berupa pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen penelitian yang terdiri dari RPP sebesar 87%, Butir Soal sebesar 84%, Lembar Kerja Siswa 81%, Angket respon siswa sebesar 85%, Bahan Ajar Handout sebesar 91% dikategorikan sangat valid dan respon siswa terhadap model pembelajaran SAVI dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 89%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen thitung -94.742 <ttabel -1,692 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,76 sedangkan  hasil belajar ranah kognitif kelas kontrol thitung -8,921<ttabel -1.706 dengan nilai rata-rata kelas kontrol 76,1. Hasil belajar ranah afektif kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,17 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 74,93. Hasil belajar ranah psikomotor kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 85,11 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 79,85. Hasil uji peningkatan (gain) didapat bahwa presentase kelas eksperimen lebih unggul dari pada presentase kriteria gain tinggi pada kelas eksperimen adalah 5.88%, sedang 94.11%, dan rendah 0%, sedangkan pada kelas kontrol kriteria tinggi 0%, sedang 70.37%, dan rendah 29.62%.

Kata kunci: Model Pembelajaran, SAVI, Hasil Belajar.

Abstract

This research is motivated by the lack of student learning outcomes in subjects whose accomplishments Installation Electric Motors only 48.5% of students who completed meets the KKM subjects. Based on these problems, then the purpose of the research is to be achieved, (1) find a picture of the implementation of learning by applying the learning model on subjects SAVI Installation Electric Motors, (2) to determine the response of learners to use SAVI learning model, and (3) to determine the increase in learning outcomes of students after using the learning model on subjects SAVI installation of electric motors.The method used was Quasi Experimental (quasi-experimental) design with non-equivalent ¬control research group pretest-posttest. Subjects in this study were students of class XI TIPTL SMK Negeri 3 Surabaya. The object of this research is the influence of the learning model SAVI (Somatic, Auditory, visual, intellectual). Data were analyzed using t-test to determine the improvement of learning outcomes. The tests showed that the research instrument consisting of RPP by 87%, amounting to 84% Grain Problem, Student Worksheet 81%, the student response Questionnaire by 85%, Instructional Materials Handout of 91% categorized as very valid and students' response to learning model SAVI expressed very good with 89% rating result. The results showed that cognitive learning outcomes experimental class thitung -94.742 <ttabel -1,692 with an average value of 83.76 while the experimental classes cognitive learning outcomes tcount control class -8.921 <ttable -1,706 with an average value of 76 control class, 1. Affective learning outcomes experimental class with an average value of 82.17 while the control class with an average value of 74.93. Psychomotor learning outcomes experimental class with an average value of 85.11 while the control class with an average value of 79.85. The result of an increase (gain) found that the percentage of the experimental class superior to the percentage gain control class that is high on the criteria of the experimental class was 5.88%, while 94.2%, and 0% lower, while the control class high criteria 0%, being 70.37%, and a low 29.62%.

Keywords : Learning Model, SAVI, Learning Result

 

Author Biographies

Dendit Viegas Latuiha Maulaholo, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Subuh Isnur ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Maulaholo, D. V., & ., S. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TIPTL SMKN 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 85