PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ELABORASI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LIS

  • Ghora Vira Amarendra Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Subuh Isnur Haryudo Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui: (1) perbedaan model pembelajaran Team assisted individualization(TAI) dengan strategi elaborasi terhadap hasil belajar siswa, (2) respon siswa terhadap model pembelajaran ini, (3) serta peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran ini pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dan desain penelitian non-equivalent­control group pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t Paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran TAI dengan strategi elaborasi dan uji gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Untuk mengetahui respon siswa digunakan lembar pengamatan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan model pembelajaran TAI dengan strategi elaborasi terhadap hasil belajar. Hasil uji paired sample t test adalah uji thitung-43,146<ttabel -2,060 dan signifikansi 0,00, dengan nilai rata-rata hasil belajar ranah pengetahuan kelas eksperimen 87,69. (2) Diperoleh kesimpulan bahwa Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan strategi elaborasi ini mendapatkan respon sangat baik dengan nilai rata-rata 82,55%. (3) Terdapat peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan yang signifikan dengan nilai rata-rata posttest 87,69. Melalui uji gain dapat di nyatakan kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan lebih tinggi di bandingkan dengan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen berhasil mengalami peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 0,75, sedangkan peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol dengan rata-rata 0,50.

Kata kunci: TAI, Elaborasi, Gain, Hasil belajar

 

Abstract

This observation aimed to know: (1) the differences of Team assisted individualization(TAI) learning model using elaboration strategy toward students’ study results, (2) students’ response toward this learning model and strategy, (3) know the increase of the students’ study results after the appliance of this learning model and strategy for electrical power installation technique subject.This observation used experimental design method which is non-equivalent ­control group pretest-posttest. The data analysis technique used t test to know the differences and increase toward students’ study result. In order to discover the students’ response, observation sheet for students were used. The result showed that: (1) there were differences of the TAI (Team assisted individualization) learning model using elaboration strategy toward the students’ study result. The result of paired sample t testwas uji thitung-43,146<ttabel -2,060 with the significance of 0,00,with the average score in cognitivearea of experiment class was 87,69. (2) it is concluded that students’ response toward the TAI (Team assisted individualization) learning model using elaboration strategy were very good wit the average score of 82,55%. (3) there is a significant increase of students’ study result in cognitive area with the average posttest 87,69. By using gain test, it is concluded that the experiment class had significantly higher study result increase in cognitive area compared to the controlled class. The experiment class had 57,70% higher study result.

Keywords: TAI, elaboration, gain, study result.

Author Biographies

Ghora Vira Amarendra, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Subuh Isnur Haryudo, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Amarendra, G., & Haryudo, S. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ELABORASI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LIS. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 49