PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION KONTEKSTUAL DIBANDING DENGAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR AKTIVITAS DAN RESPON SISWA PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN RADIO DAN TELEVISI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Febri Handoyo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Agus Budi Santosa Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI kontekstual dibanding dengan direct instruction terhadap hasil belajar siswa, (2) mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI kontekstual dibanding dengan model direct instruction terhadap aktivitas siswa, dan (3) mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI kontekstual dibanding dengan model direct instruction terhadap respon siswa.

Penelitian ini menyimpulkan: (1) berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan cara Independent Sample Test, diperoleh thitung sebesar 2,013 dan nilai ttabel sebesar 1,67 sehingga dapat dinyatakan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI kontekstual lebih baik dibanding dengan model direct instruction terhadap hasil belajar siswa; (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI kontekstual lebih baik dibanding dengan model direct instruction terhadap aktivitas siswa, dengan persentase aktivitas siswa pada model pembelajaran GI kontekstual sebesar 77,78% sedangkan persentase aktivitas siswa dengan model direct intruction sebesar 55,56%; dan (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI kontekstual terhadap respon siswa lebih baik dari pada model direct insruction dengan persentase rata-rata 76,56% sedangkan respon pada model direct intruction sebesar 67,56%.

Penelitian ini menyarankan: (1) guru harus mengupayakan agar siswa dapat memanfaatkan segala fasilitas yang ada untuk memecahkan permasalahan yang diberikan; (2) guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI kontekstual untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa; (3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi siswa yang ramai adalah dengan memberikan tugas tambahan untuk diinvestigasi.

Kata kunci :  kooperatif  GI kontekstual, direct instruction

 

 

 

Abstrak

This research aims to: (1) determine differences influence of contextual GI of cooperative learning model compared with direct instruction on student learning outcomes; (2) determine the differences influence of contextual GI of cooperative learning model compared with the model of direct instruction to student activities; and (3) determine differences influence of contextual GI of cooperative learning compared with direct instruction  model to student responses.

This research concluded: (1) based on the results of the calculation of the t-test by way of Independent Sample Test, obtained tvalue at 2.013 and ttable at 1.67, so it can be stated that the influence of contextual GI of cooperative learning model better than the direct instruction model to the student learning outcomes; (2) the effect of contextual GI of cooperative learning better than the direct instruction model to the student activites, with the percentage of student activities on the contextual GI of cooperative learning model by 77.78%, while the percentage of student activities with direct intruction model by 55.56%; and (3) the effect of contextual GI of cooperative learning model to the students' response is better than the direct instruction model with an average percentage of 76.56%, while the response to the direct model of intruction by 67.56%.

This Research suggests: (1) the teacher should strive for students to take advantage of all the facilities that exist to solve a given problem; (2) the teacher can apply contextual GI of cooperative learning model to improve student learning outcomes; (3) the solution is done to overcome the noisy student is to give additional tasks to be investigated.

Keywords :  Contextual GI of cooperative , direct instruction

Author Biographies

Febri Handoyo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Agus Budi Santosa, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
., F., & Santosa, A. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION KONTEKSTUAL DIBANDING DENGAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR AKTIVITAS DAN RESPON SISWA PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN RADIO DAN TELEVISI DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 20