PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTU NOVAMIND 6.0.5 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI SMK NEGERI 3 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pengajaran langsung dengan strategi pembelajaran mind mapping berbantu NovaMind 6.0.5, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pengajaran langsung dengan strategi pembelajaran penugasan, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pengajaran langsung dengan strategi pembelajaran mind maping berbantu NovaMind 6.0.5 dan menggunakan model pengajaran langsung dengan strategi pembelajaran penugasan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kelas eksperimen menggunakan model pengajaran langsung dengan strategi pembelajaran mind mapping berbantu NovaMind 6.0.5 untuk ranah pengetahuan thitung>ttabel (28,440>2,037) dengan nilai rata-rata 83,52, ranah sikap dengan nilai rata-rata 80,96, dan ranah keterampilan dengan nilai rata-rata 83,79, (2) Hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan model pengajaran langsung dengan strategi pembelajaran penugasan untuk ranah pengetahuan thitung > ttabel (27,399>2,045) dengan nilai rata-rata 78,26, ranah afektif dengan nilai rata-rata 78,44, dan ranah psikomotor dengan nilai rata-rata 83,00, (3) Hasil uji perbedaan menunjukkan thitung untuk ranah pengetahuan adalah 2,468, untuk ranah sikap adalah 2,354, dan ranah keterampilan adalah 0,500. Nilai ttabel sebesar 2,000 maka thitung>ttabel kecuali ranah keterampilan. Sedangkan analisis Sig. (2-tailed) didapatkan untuk ranah pengetahuan adalah (0,016<0,050), untuk ranah sikap adalah (0,022<0,050), dan ranah keterampilan adalah (0,619>0,050).
Kata kunci: Pengaruh, strategi pembelajaran, mind mapping
Abstract
The purpose of this study is: (1) determine the differences of the students result before and after using direct learning method teaching with mind mapping strategy learning assisted Novamind 6.0.5, (2) ) determine the differences of the students result before and after using direct learning method teaching with assignment strategy learning, (3) determine the purpose of this study is understanding the different of the students result that using direct learning method teaching with mind mapping strategy learning assisted Novamind 6.0.5 and direct learning without mind mapping strategy learning and without assisted Novamind 6.0.5. The kind of this study is quasi experiment with non equivalent control group design.The result showed that: (1) the result of experiments class using direct learning with mind mapping strategy learning assisted NovaMind 6.0.5 for cognitive domain tcount>ttable (28,440>2,037) with average value of 83,52, affective domain average value of 80,96, and psychomotor domain average value of 83,79. (2) the result of control class using direct learning with assigment strategy learningfor cognitive domain tcount>ttable (27,399>2,045) with average value of 78,26, affective domain average value of 78,44, and psychomotor of 83.00, (3) The differentiation result show tcount cognitive domain are 2,468, affective domain are 2,354, and psychomotor domain are 0,500. The value of tcountis 2,000 then
tcount>ttable except psychomotor domain while analyze Sig. (2 tailed) give cognitive domain are (0,016<0,050), affective domain are (0,022<0,050), dan psychomotor domain are (0,619>0,050).
Key word: Effect, strategy learning, mind mapping
PDF Downloads: 24