PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN SOFTWARE EKTS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Rizka Elmanda Dyan Astarin Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan software EKTS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik, (2) mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan software EKTS pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi  eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Desain. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Untuk mengetahui keaktifan siswa digunakan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:                   (1) Berdasarkan hasil dari keseluruhan uji t pada hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor secara berurutan hasil tHitung sebesar 2,446; 2,593; dan 4,404. Sedangkan nilai tTabel = t(1-a) = t(1-0,05) = t(0,95) dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 – 2 = 63. Tabel distribusi t ditentukan pada α = 0,05:2 = 0,025 (uji 2 sisi) adalah 1,67. Maka nilai tHitung > tTabel.Sehingga, prioritas H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk pengujian berdasarkan nilai signifikansi, hasil dari keseluruhan uji t pada hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor secara berurutan hasil nilai signifikansinya sebesar 0,017; 0,012; dan 0,000. Sedangkan nilai signifikansi yang telah ditentukan sebesar 0,05. Karena hasil nilai signifikansi dari uji t lebih kecil dari nilai signifikansi yang telah ditentukan sebesar 0,05; maka H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan software EKTS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. (3) Berdasarkan hasil uji t pada keaktifan siswa, diperoleh nilai tHitung adalah 4,051. Nilai tTabel = t(1-a) = t(1-0,05) = t(0,95) dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 – 2 = 63. Tabel distribusi t ditentukan pada α = 0,05:2 = 0,025 (uji 2 sisi) adalah 1,998. Nilai tHitung >tTabel yakni 4,051>1,998, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya adalah pengujian berdasarkan signifikansi. Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000142. Sedangkan nilai signifikansi yang telah ditentukan sebesar 0,05. Karena 0,000142<0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa dalam model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada keaktifan siswa dalam model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Inkuiri, EKTS, hasil belajar, keaktifan.

 

Abstract

This study aim to: (1) Knowing the effect of inqury learning model supported with EKTS’s software to student learning outcomes on the subjects of electrical power installations. (2) Knowing the level of activity students in learning activities using inqury learning model assisted with EKTS’s software on the subjects of electrical power installations. The method used is Quasi eksperiment with Posttest Only Control Group Desain. Data were analyzed using t-test to determine the effect of learning outcomes. To determine the activity of students using the student observation’s sheet. The results showed that:            (1) Based on the overall results of the t test on the student’s cognitive learning outcomes, affective learning outcomes, and psychomotor learning outcomes sequentially at 2.446, 2.593, and 4.404.  While ttable at the 63 degrees of freedom is 1.67. Then the value tcount> ttable. Thus, priority H0 is rejected and H1 is accepted. To test based on the value of significance, the results of the overall t test on student learning outcomes of cognitive, affective and psychomotor sequentially the results of significance value of 0.017, 0.012, and 0.000042. While the significance of a predetermined value of 0.05. Due to the significance of the results of the t test is smaller than a predetermined significance value of 0.05, then H1 is accepted and H0 is rejected, so it can be concluded that there are the effect of inqury learning model supported with EKTS’s software to student learning outcomes on the subjects of electrical power installations. (3) Based on the t-test result on the active level of student, the score of tCalculation = 4,051 was obtained. 4,051. The score of tTabel = t(1-a) = t(1-0,05) = t(0,95) with independency degree (df) = n1 + n2 – 2 = 63. The t-distribution table determined on α = 0,05:2 = 0,025 (2-sides test) was 1,998. The score of   tCalculation >tTable was 4,051>1,998, thus H1 was accepted and H0 was rejected. The next step was the test based on the significance. The obtained significance score was 0,000142. Whereas the determined significance score was 0,05. Since 0,000142<0,05, so H1 was accepted dan H0 was rejected, therefore it could be concluded that the active level of student in enquiry learning model was better than in conventional one.

Keywords: Enquiry, EKTS, learning outcome, activity.

 

Author Biographies

Rizka Elmanda Dyan Astarin, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Astarin, R. E., & ., J. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN SOFTWARE EKTS PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 78