PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI TIPTL 1 SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • Ahmad Hasan Nugraha Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Joko . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah tidak adanya media pembelajaran yang digunakan untuk proses pembelajaran sehingga dalam memahami materi siswa mengalami kesulitan. Kualitas proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang dapat mendukung kualitas hasil belajar siswa adalah ketersediaan media pembelajaran. Pada pengembangan media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 8 (delapan) tahapan yaitu : (1) tahap analisi masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk (7) tahap revisi produk, dan (8) tahap analisa dan pelaporan. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen penelitian yang terdiri dari RPP sebesar 95,05%, media sebesar 85,19%, LKS sebesar 83,70% dan butir soal sebesar 87,11%, dikategorikan sangat valid. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen ranah kognitif, psikomotor dan afektif secara berurutan yakni mendapatkan rata-rata 89,25; 86,77; dan 82,12 sedangkan tHitung beserta tTabel pada pada derajat kebebasan 30 adalah 21,61 dan 2,04, maka nilai tHitung > tTabel. Sehingga, prioritas H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dengan adanya media pembelajaran. Hasil uji peningkatan (gain) kelas eksperimen yaitu dengan kriteria gain tinggi 64,52%, sedang 35,48%, dan rendah 0%. Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 89,06%.

Kata kunci: Media Pembelajaran, R&D, Hasil Belajar.

 

Abstract

Background of this observation was the absence of learning media for learning process, hence the students experienced difficulties in order to understand the learning material. The quality of learning process affects the students’ study result. One of the factors that can contribute to the quality of student’s learning process is the presence of learning media. In this development of learning media, it is expected to increase the study result of the students. This observation used method of Research and Development (R&D). There were eight steps: (1) problem analysis, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product test, (7) product revision, and (8) analysis and report. The validation result showed that the instruments of this observation which were 95,05% of RPP, 85,619% of media, 83,70% of LKS, and 87,11% amount of test numbers, were categorized as very valid. The average scores in experimental class in cognitive, psychomotor, and affective areas in orderly resulted 89,25; 86,77; and 85,25, meanwhile tHitung and tTabelin degree of freedom of 30 were 21,61 and 2,04. Therefore, the value of tHitung > tTabel, thus, the priority of H0 was rejected and H1 was accepted. Then the fixed significant value is 0,05, and it is concluded that there was significant increase due to the presence of learning media. The results of gain test of the experimental class 64,52%, being 35,48%, and low 0%. The students’ response toward the learning media was indicated as very good by the rating result of 89.06%.Keywords: learning media, R&D, study result.

Author Biographies

Ahmad Hasan Nugraha, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Joko . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Nugraha, A., & ., J. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI TIPTL 1 SMK NEGERI 1 NGANJUK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 53