PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MPK TIPE ETH SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK

  • Zainuddin Al Ansori Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor antara siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe ETH dan model pembelajaran langsung, (2) mendiskripsikan perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan rendah, (3) mendiskripsikan interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Menggunakan dua kelas dengan perlakuan yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian (Anava) dua jalur dengan desain faktorial 2x2. Proses pembelajaran berbantuan software Multisim 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe ETH lebih tinggi jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Pada ranah kognitif signifikansi sebesar 0,025 sedangkan ranah psikomotor sebesar 0,003 dan ditinjau dari rata-rata hasil belajar ranah kognitif dengan model pembelajaran kooperatif tipe ETH sebesar 86,11 dan model pembelajaran langsung sebesar 81,33 sedangkan hasil belajar ranah psikomotor rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe ETH sebesar 86,75 dan model pembelajaran langsung sebesar 82,00, (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan rendah. Pada ranah kognitif signifikansi sebesar 0,252 sedangkan ranah psikomotor signifikansi sebesar 0,181 dan ditinjau dari  rata-rata hasil belajar ranah kognitif untuk kemandirian belajar tinggi sebesar 85,416 dan kemandirian belajar rendah sebesar 82,16 sedangkan hasil belajar ranah psikomotor untuk kemandirian belajar tinggi sebesar 84,22 dan kemandirian belajar rendah sebesar 85,04, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor. Pada ranah kognitif dan psikomotor dengan signifikansi berturut-turut sebesar 0,000 dan 0,005.

Kata kunci: Kognitif, Psikomotor, Analisis Dua Jalur,.

Abstract

The research aimed at: (1) describing the difference of learning outcome on the cognitive and psychomotor domains among students who were in cooperative learning type-ETH model and direct learning model, (2) describing the difference of learning outcome on the cognitive and psychomotor domains among students who have high and low self-regulated learning, (3) describing the interaction between learning model and self-regulated learning toward learning outcome on the cognitive and psychomotor domains.The research was experimental by using two classes with different treatment. The data analysis technique employed two-ways Variant Analysis (Anava) with 2x2 factorial designs. The learning process was supported by  Multism 10 software.The research results showed that: (1) related to the learning outcome on the cognitive and psychomotor domain, the students in cooperative learning type-ETH model were higher than in direct learning model. The significance of cognitive domain was 0.025 while of psychomotor domain was 0.003 and in terms of the average of learning outcome on the cognitive domain, cooperative learning type-ETH model got 86.11 while direct learning model got 81.3 whereas in terms of the average of  the learning outcome on the psychomotor domain, cooperative learning type-ETH model got 86.75 while direct learning model got 82.00, (2) there was no difference on the learning outcome of cognitive and psychomotor domains among students who have high and low self-regulated learning. The significance of cognitive domain was 0.252 while of psychomotor domain was 0.181 and in terms of the average of learning outcome on the cognitive domain, the high self regulated learning got 85.416 and the low one got 82.16 whereas in terms of the average of the learning outcome on the psychomotor domain, the high self-regulated learning got 84.22 and the low one got 85.04, (3) there was an interaction between learning model and self-regulated learning toward learning outcome on cognitive and psychomotor domains. The significances of cognitive and psychomotor domains were 0.000 and 0.005 respectively.

Key words: domain, psychomotor, two-ways anava.

Author Biographies

Zainuddin Al Ansori, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Ansori, Z., & ., M. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MPK TIPE ETH SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 56