PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DIBANDINGKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Adi Sunaryo . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Hapsari Peni . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui keterlaksanakan pembelajaran active knowledge sharing pada standar kompetensi memahami sifat dasar sinyal audio

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Nonequivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK Negeri 2 Surabaya. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan kelas X TAV-1 sebagai kelas eksperimen dan X TAV-2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji-t pretest kelas eksperiment dan kontrol tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil uji-t posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. (2) Dalam pelaksanaan proses keterlaksanaan model pembelajaran Active Knowledge Sharing di SMKN 2 Surabaya peneliti menemukan beberapa kendala diantaranya; sulit mengkondisikan siswa, dikarenakan siswa belum mengerti tentang model pembelajaran Active Knowledge Sharing. Setelah dilakukan beberapa pertemuan dengan menggunakan pembelajaran Active Knowledge Sharing siswa mulai terangsang dalam melakukan aktifitas belajar individu atau kelompok pada pembelajaran serta menumbuhkan sikap sosial, dan solidaritas dan sistem belajar yang komunikatif. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif active knowledge sharing dapat digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 2 Surabaya.

 

Kata kunci :     Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Uji-t Pretest dan Posttest Siswa.

 

Abstract

This study aims to: (1) Knowing the difference in student learning outcomes that use active learning knowledge sharing model compared with the direct learning model (2) Knowing effective active learning model of knowledge sharing on the standards of competence to understand the nature of the audio signal

The research method used was a quasi experiment with research design used is "Nonequivalen Control Design". The population in this study were students of class X TAV SMK Negeri 2 Surabaya. Sample taken 2 classes with class X TAV-1 as an experimental class and X-class TAV-2 as a control. While the results of their study to determine differences in the data analysis techniques used t-test.

The results showed that (1) Results of the t-test and pretest grade control experiments no difference . While the results of t-test posttest experimental class higher than the control class so that student learning outcomes using active learning knowledge sharing model is higher compared with the direct learning model  (2) In the implementation process of learning keterlaksanaan Active Knowledge Sharing in SMKN 2 Surabaya researchers found several obstacles including; difficult to condition students, because students do not understand about learning Active Knowledge Sharing. After several meetings with using Active Knowledge Sharing learning students getting aroused in conducting individual or group learning activities on learning and foster social attitudes, and solidarity and communicative learning system. This suggests that active learning active knowledge sharing model can be used in the process of teaching and learning activities at SMK Negeri 2 Surabaya.

 

 

Keywords : Active Learning Knowledge Sharing Model, Learning Direct Model, t-test Results of Pretest and Posttest Students.

Author Biographies

Adi Sunaryo ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Hapsari Peni ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2013-09-01
How to Cite
., A., & ., H. (2013). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DIBANDINGKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 23