PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR ELEKTRONIKA PADA SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • Arda Surya Editya Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Meini Sondang Sumbawati Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi augmented reality untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada SMK Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini mengacu pada model of instructional development yang dikembangkan oleh Peter F. Fenrich. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Sidoarjo yang terdiri dari 2 kelas dan tiap kelas terdiri dari 31 siswa. Rancangan dalam ujicoba menggunakan one-group pretest-posttest design.

Temuan hasil penelitian yakni media pembelajaran berkategori layak digunakan dalam proses pembelajaran. Siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran ini memiliki ketuntasan belajar spiritual rata-rata berkategori baik. Lebih lanjut presentase ketuntasan belajar sosial memiliki rata-rata berkategori baik. Presentase ketuntasan belajar pengetahuan  memiliki presentase ketuntasan sebesar 100%. Lebih lanjut presentase ketuntasan belajar proses memiliki presentase ketuntasan sebesar 100%. Presentase ketuntasan belajar psikomotor memiliki presentase ketuntasan sebesar 100%.

Saran yang diperoleh peneliti yakni diharapkan pada penelitian berikutnya dapat dilengkapi dengan AR Books sehingga materi yang disampaikan dapat lebih menarik dan juga diharapkan pada penelitian berikutnya dapat mengembangkan animasi yang lebih interaktif dan menarik.

Kata-kata kunci: media pembelajaran, augmented reality, ketuntasan belajar.

Abstract

The purpose of this research are to develop instructional media using augmented reality technology to improve student achievement at SMK Negeri 1 Sidoarjo. This study refers to a model of instructional development developed by Peter F. Fenrich. The subjects were students of class X TAV SMK Negeri 1 Sidoarjo consisting of 2 classes and each class consists of 31 students. The design of the test using a one-group pretest-posttest design.

The findings of the research that is worthy category of instructional media used in the learning process. Students are taught using instructional media has a passing grade average of spiritual well categorized. Furthermore, the percentage of mastery learning has an average social well categorized. Furthermore, the percentage of mastery learning mastery of knowledge has a percentage of 100%. Furthermore, the percentage of mastery learning process has a completeness percentage of 100%. Furthermore, the percentage of mastery learning psychomotor have a percentage of 100% completeness.

Advice obtained by the researchers is expected in subsequent research can be equipped with AR Books so that the material can presented more attractive and are also in next research can be more attractive animation.

Keywords: learning media, augmented reality, student achievement.

 

Author Biographies

Arda Surya Editya, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Meini Sondang Sumbawati, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Editya, A., & Sumbawati, M. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR ELEKTRONIKA PADA SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 76