HUBUNGAN KUALITAS PENGALAMAN PROGRAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN (PPP) TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • DWIKI YOGA P

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PPP mahasiswa, minat mahasiswa menjadi guru dan hubungan kualitas pengalaman PPP terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Mesin UNESA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional serta regresi sederhana agar dapat mengetahui hubungan serta pengaruh kualitas pengalaman PPP terhadap minat menjadi guru. Sampel penelitian adalah mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Mesin UNESA angkatan 2011 yang sudah melaksanakan PPP sebanyak 40 mahasiswa. Instrumen kualitas pengalaman PPP berjumlah 19 item dan instrumen minat menjadi guru berjumlah 14 item. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan kualitas pengalaman PPP terhadap minat menjadi guru, dilihat dari nilai korelasi (rxy) = 0,551 dibandingkan dengan nilai r tabel = 0,312 untuk taraf signifikan 5% dan N=40 diperoleh rxy 0,551 > r tabel 0,312. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana didapat nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,304=30,4% menunjukkan pengaruh variabel kualitas pengalaman PPP terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Mesin UNESA sebesar 30,4%. Sedangkan sisanya sebesar 69,6% dijelaskan oleh faktor lain yang mempengaruhi minat menjadi guru. Kata kunci : kualitas pengalaman PPP, minat menjadi guru, mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin.
Published
2015-10-28
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 18