PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL EDUCATION) DI SMK PGRI 5 SURABAYA UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN PERSONAL SISWA

  • SANTIKA AJI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek personal yang dilakukan oleh siswa selama pembelajaran pendidikan kecakapan hidup dan untuk mengetahui prestasi belajar pada mata diklat sistem bahan bakar bensin. Subyek  penelitian adalah 20 siswa kelas XI SMK PGRI 5 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Instrumen  penelitian  meliputi lembar  penilaian kecakapan hidup dan  tes. Hasil belajar siswa tercapai jika dapat mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecakapan  personal pada siklus I presentase 51,3% tergolong cukup baik ditinjau dari kemampuan mengolah informasi yang masih rendah. Pada siklus II presentase 79,3% tergolong baik terlihat dari siswa mengolah informasi dengan berdiskusi , dan pada siklus III terjadi peningkatan menjadi 90,3% tergolong sangat baik tercermin siswa mampu mengambil keputusan kelomok untuk memecahkan masalah. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 7 orang (35%), siklus II siswa yang tuntas 11 orang (55%) dan pada siklus III siswa yang tuntas sebanyak 17orang (85%). Untuk pengelolaan pembelajaran siklus I presentase 58% tergolong cukup baik, di siklus ke II meningkat 80% tergolong baik, dan di siklus ke III peningkatan mencapai 88% tergolong sangat baik.

Published
2016-04-01
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 22