PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING PADA MATA DIKLAT LAS KELAS X TPM SMK TAMAN SISWA SURABAYA

  • Reza Adi Giyantono S1 Pendidikan Teknik Mesin Produksi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Iskandar Iskandar Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Model Of Learning, Problem Base Learning, Planning, Action, Observation and Reflection.

Abstract

ABSTRAK
Perbaikan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui tiga komponen utama yakni siswa, kompetensi guru
dan fasilitas pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi guru bagaimana cara agar siswa dapat meningkatkan hasil
belajar khusus pada mata diklat las kelas X TPM SMK Taman Siswa Surabaya. Untuk mengoptimalkan proses
pembelajaran peneliti menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Base Learning) dengan harapan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang dijadikan
objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPM SMK Taman Siswa Surabaya. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), setiap putaran mempunyai tahapan yaitu perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh melalui penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengelolaan
pembelajaran, lembar aktivitas siswa, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa tiap putaran. Hasil belajar siswa
dapat tercapai jika siswa dapat mencapai ketuntasan dalam belajar pada setiap tujuan pembelajaran. Hasil anĂ¡lisis
data nantinya apabila didapatkan respon yang baik dari siswa untuk mengikuti pembelajaran dan pada hasil tes akhir
siswa mengalami peningkatan penguasaan materi maka tujuan penelitian ini dapat tercapai.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Base Learning, Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi.
ABSTRACT
Improvement of quality of education can be done through three main components namely student, teacher
competence and learning facilities. Problems faced by teachers so that the students how to improve learning
outcomes specifically in the eyes of welding training class X TPM SMK Surabaya Student Park. To optimize the
learning process researchers used learning model PBL (Problem Base Learning) in the hope of applying cooperative
learning model PBL can improve student learning outcomes. Students who made the object of this research is class
X TPM SMK Surabaya Student Park. This research is a classroom action research (Classroom Action Research),
each round has stages of planning, action, observation and reflection. Data obtained through this study were
collected and analyzed quantitatively and qualitatively, while the instrument used in this study include sheets of
learning management, student activity sheets, student questionnaire responses, and student learning outcomes of
each round. Student learning outcomes can be achieved if students can achieve mastery of learning objectives in
each lesson. Data analysis results will be obtained if a good response from the students to follow the learning and
the final test results of students has increased mastery of the objectives of this study can be achieved.
Keywords : Model Of Learning, Problem Base Learning, Planning, Action, Observation and Reflection.
Published
2013-08-30
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 18