PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Division) PADA MATA DIKLAT SISTEM KOPLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR SMKN 1 KEDIRI

  • Setiyo Cahyo Nugroho S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Saiful Anwar Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, cooperative Learning Type STAD, Student Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurang tepatnya penerapan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran yang bisa  meningkatkan aktivitas, minat serta hasil belajar siswa, khususnya  pada kompetensi sistem kopling kelas XI TKR 4 SMK Negeri 1 Kediri.  Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan meningkatkan aktivitas , minat serta hasil belajar siswa.

Siswa yang dijadikan obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 4 SMK Negeri 1 Kediri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  (Classroom Action Research). Setiap putaran mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh melalui penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengelolaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa tiap putaran.  Hasil belajar siswa dapat tercapai jika siswa dapat mencapai ketuntasan ≥ 80% dalam belajar pada setiap tujuan pembelajaran.

Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan pengajar dalam menyiapkan RPP dan Skenario mencapai 71,8 % tergolong baik. Untuk kemampuan pengajar dalam menerapkan RPP dan Skenario mencapai 74,4 % tergolong baik. Sedangkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif mencapai 74,37% tergolong baik. Sedangkan hasil belajar siswa yang tuntas pada putaran 1 ada sebanyak 24 siswa dengan persentase 75%, dan putaran II siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa dengan persentase 84,3%

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil belajar siswa.

 

ABSTRACT
One of the causes of low student learning outcomes are less precisely the application of use of learning methods to suit the learning material is taught. It is therefore necessary to develop an alternative to learning that can increase the activity, interests as well as the results of student learning, particularly in the clutch system competency class XI TKR 4 SMK Negeri 1 Kediri. To optimize the learning process researchers tried to use cooperative learning model with the purpose of improving STAD type activities, interests and student learning outcomes.

Students who made the object of research is the grade XI TKR 4 SMK Negeri 1 Kediri. This type of research is Research Action class (Classroom Action Research). Each round has four phases: planning, action, observation and reflection. Data obtained through this research are collected and analyzed quantitative and qualitative, whereas instruments used in this study includes learning management sheets, activity sheets, now student response student, and student learning outcomes in each round. Student learning outcomes can be achieved if students can reach complete 80% of learning at each learning objectives

The result analysis shows that the lecturers in preparing draft and scenario reached 71,8 % in good. For the ability lecturers in applying draft and scenario reached 74,4 % in good. While activity student during the learning process cooperative reached 74,37 % in good. While study result of the students who complete on round 1 there were 24 students rate 75 %, and round ii students completed 27 students rate 84,3 %.

Keywords : cooperative Learning Type STAD, Student Learning Outcomes

Published
2014-01-20
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 39