PENERAPAN KETRAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 3 SDN KAPASARI IV

  • NUR AINI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Dalam proses pembelajaran, guru berperan aktif dalam perkembangan peserta didik. Guru juga harus kreatif dan inovatif dalam hal penyampaian materi sehingga apa yang menjadi tujuan akan tercapai. Di dalam penelitian ini diharapkan agar memberi manfaat untuk memecahkan masalah siswa di kelas III SDN Kapasari IV Surabaya. Dalam proses pembelajaran di kelas III SDN Kapasari IV Surabaya telah ditemukan suatu kendala yang dapat menghambat proses belajar. Kendala tersebut ialah rendahnya hasil belajar siswa. Hal itu adalah suatu kendala yang sangat penting untuk diatasi. Hal ini dapat dibayangkan jika seluruh siswa enggan belajar, siswa memiliki sedikit pengetahuan. Padahal buku adalah jendela dunia. Untuk mengatasi masalah tersebut diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penerapan ketrampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian tidakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu terdiri dari: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan test dan observasi sebagai sumber untuk pengambilan data. Analisis data dalam penelitian ini berupa hasil dari semua siswa mulai dari siklus satu hingga siklus dua. Dari hasil analisis data tersebut diperoleh data dari hasil rata-rata kelas terdapat hasil yang cukup baik yaitu 71,55 pada siklus pertama. Dan hasil itu terus meningkat pada pelaksanaan siklus kedua yaitu 80,14. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan penerapan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Kapasari IV Surabaya.

 

Kata Kunci: Pendekatan ketrampilan proses

 

Abstract: In the learning process, teachers play an active role in the development of learners. Teachers also need to be creative and innovative in the delivery of material so what the objectives will be achieved. In the research is expected to benefit to solve the problems of students in the class III IV SDN Kapasari Surabaya. In the process of learning in class III IV SDN Kapasari Surabaya has found an obstacle that can hinder the learning process. The constraint is the low student learning outcomes. It is a very important obstacle to overcome. It can be imagined if all students are reluctant to learn, students have little knowledge. Though the book is a window to theworld. To solve the problem of classroom action research conducted using the application process skills to improve learning outcomes. In this class act of the study consisted of two cycles. Each cycle consists of four stages, which consists of: the planning stage, the implementation stage, the stage of observation, and reflection phase. Action research aims to improve student learning outcomes. In this study, researchers used a test and observation as a source for data retrieval. Data analysis in this study in the form of the results of all students ranging from cycle one to cycle two. From the analysis of the data obtained the data from the class average there is a pretty good result is 71.55 in the first cycle. And the results continue to increase in the implementation of the second cycle is 80.14. It can be concluded that the use of the application process skills can improve student learning outcomes class 3 SDN Kapasari IV Surabaya.

Keywords: process skills approach

 

Published
2013-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 8