PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELASV SDN BALONGJERUK KEDIRI

  • Catur Indah laili

Abstract

Abstrak; Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan penting untuk dipelajari dan dikuasai siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia.Selain dapat melatih siswa melakukan komunikasi yang baik dengan orang lain keterampilan menulis juga sangat diperlukan siswa dalam mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan dalam bentuk tulisan.Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN Balongjeruk belum mampu menulis narasi secara runtut dan belum dapat menggunakan ejaan, dan pilihan kata yang tepat.Hasil menulis narasi siswa kelas V SDN Balongjeruk Kediri yang berjumlah 21 siswa masih rendah.Terbukti dengan nilai tes menulis narasi adalah kurang dari 68 seperti yang sudah ditentukan dari kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran Bahas Indonesia khususnya menulis.Keadaan ini diperbaiki dengan penggunaan media gambar seri. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan cara mengatasi kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran menulis narasi dengan media gambar seri.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Balongjeruk, sebanyak 21 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan catatan lapangan.Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II memperoleh 100%. Sementara itu nilai ketercapaian pada siklus I 73,21 sedangkan siklus II 92,85. Adapun hasil tes menulis narasi dengan media gambar seri pada siklus I memperoleh nilai rata-rata siswa yang tuntas sebesar 73,97 dengan ketuntasan belajar klasikal 54,14% adapun pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa yang tuntas sebesar 80,64 dan ketuntasan belajar klasikal 80,95%. Kendala yang muncul selama proses pelaksanaan pembelajaran dapat diatasi guru dengan baik.

Kata Kunci : media gambar  seri , keterampilan menulis narasi

Abstract: Writing skills are one important skill to be learned and mastered in the elementary school students learning Indonesian . Besides training students to communicate well with others is also necessary writing skills of students in expressing ideas , thoughts , and feelings in writing .Observations show that the fifth grade students of Balongjeruk Elementary School have not been able to write a coherent narrative and not be able to use correct spelling, and proper word choice . The results of the study showed that 21 students can reach as many as 12 students. This situation improved usingpictures series media . The use of this medium is so that student could express their ideas or ideas logically in written form.Based on these problems purpose of this study was to (1) describe the implementation of learning by using pictures series mediato improve the skills of writing narrative fifth grade students of Balongjeruk Elementary School Kediri, (2) describe the learning outcomes of narrative writing skills of fifth grade students of Balongjeruk Elementary School Kediri in the implementation of learning using pictures series media, (3) describe how to overcome obstacles that arise in the implementation of learning narrative writing skills by using glowin class media images Balongjeruk Elementary School Kediri.This study uses action research design . Subjects were teachers and students of class V Balongjeruk public elementary schools , 21 students consisting of ten male students and 11 female students . Data collection techniques used are observation , testing , and field notes . The technique of quantitative descriptive data analysis .The results showed that the feasibility study first cycle and second cycle gained 100 % . While the value of achievement in the first cycle 73.21 whiles the second cycle 92.85. The results of tests written narrative using pictures series media in the first cycle obtains the average value of students who completed at 73.97 with 54.14 % completeness as for the classical study in cycle two have increased by an average score of students who pass at 80.64 and mastery learning classical 80.95 % . Problems were encountered during the implementation process of learning can be solved with a teacher very well .

Keywords :pictures series media , narrative writing skills

 

Author Biography

Catur Indah laili
Jurusan PGSD FIP Unesa
Published
2015-05-01
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 219