PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA SDN MOJONGAPIT III JOMBANG
Abstract
Abstrak: Keberhasilan seseorang dapat diketahui bagaimana penyimak memahami dan menyampaikan informasi dari simakan baik secara lisan maupun tertulis.Berdasarkan masalah yang ditemukan, menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas V SDN Mojongapit III dalam menyimak cerita masih rendah. Hal ini terbukti dari hasil menyimak cerita yaitu 70% dari 21 siswa belum mencapai KKM Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak cerita , hasil belajar menyimak cerita dan kendala-kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan pembelajaran serta cara mengatasinya.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan pelaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II mendapatkan persentase keterlaksanaan 100%. Nilai ketercapaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 78,94 dan siklus II 92,10. Adapun ketuntasan hasil belajar siswa dalam menyimak cerita pada siklus I sebesar 52,38% dan siklus II sebesar 85,71%. Kendala-kendala yang muncul dapat diatasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SDN Mojongapit III Jombang. Disarankan kepada guru agar dapat menyajikan pembelajaran yang inovatif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif supaya pembelajaran lebih efektif dan berguna bagi siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Keterampilan menyimak cerita
Abstract: The success of one can know how to understand and convey people who listen of gathering information both orally and in writing.The problem found, suggesting that ability of fifth grade students of SDN Mojongapit III Jombang in listening to the story is still low. This is evident from the of listening to story that is 70% of the 21 students who have not reached the Completeness Minimum Criteria Indonesian pretes is 70. This study aims to describe the application of STAD type cooperative learning model in the implementation of listening skills stories, listening to stories and learning outcomes constrains that occur during the implementation of learning and how to overcome them. This study used action research design implemented in 2 cycles. The results of this study the percentage of adherence to the implementation of the learning cycle I and cycle II get a percentage adherence to 100%. Achievement, the implementation of value in the first cycle 78,94 and second cycle 92,10. The thoroughness student learning outcomes in listening to a story the first cycle of 52,38% and 85,71% for the second cycle. The constrains that appear insurmountable. Based on the obtained result it can be concluded that with the application of STAD type cooperative learning model can improve story listening skills of fifth grade student of State Elementary School Mojongapit III Jombang. It is recommended to teachers in order to present an innovative learning by implementing cooperative learning model so that learning is more effective and usefull for student.
Keywords : STAD type cooperative learning model, Story listening skills.
PDF Downloads: 164