PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN REJOSARI MOJOKERTO

  • Desi Rachmawati Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Di sekolah dasar untuk pertama kalinya dalam proses pembelajaran membaca,  siswa diperkenalkan dengan membaca permulaan. Membaca permulaan merupakan kegiatan dasar membaca, memahami kalimat, dan menyuarakan kalimat sederhana dengan baik dan intonasi yang tepat.Berdasarkan hasil pengamatanmenunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas II SDN Rejosari Mojokerto dalam membaca permulaan masih rendah.Hal ini terbukti dari hasil tes membaca permulaan siswa mendapat nilai dibawah KKM yang telah ditetapkan sekolah, yaitu 65.Adapun penyebab permasalahan pembelajaran membaca permulaan kelas II SDN Rejosari Mojokerto, yaitu karena saat proses pembelajaran guru tidak tepat dalam memilih model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan, hasil belajar membaca siswa kelas II SDN Rejosari Mojokerto, kendala-kendala yang terjadi dan cara mengatasinya pada saat pembelajaran membaca permulaan dengan menerapkan model pembelajaran langsung.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Rejosari Mojokerto.Prosedur penelitiannya menggunakan siklus spiral. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik pengamatan, teknik tes, dan catatan lapangan.Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru selama pelaksanaan siklus I dan siklus II mendapatkan persentase keterlaksanaan 100%, sedangkan skor rata-rata ketercapaian pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru pada siklus I adalah 68,97 dan 97,28 pada siklus II. Adapun hasil belajar membaca permulaan siswa pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 60% dan 90% pada siklus II.Kendala yang muncul pada proses pembelajaran membaca dengan menerapkan model pembelajaran langsung dapat diatasi dengan memberikan contoh cara menemukan informasi dengan langkah-langkah yang tepat.

Kata Kunci: model pembelajaran langsung, keterampilan membaca permulaan, hasil belajar.

 

 

Abstract: In primary school for the first time in the process of learning to read, students are introduced to beginning reading. Reading is an activity basis beginning to read, understand sentences, and simple sentences with a good voice and intonation right.Based on the observations, suggesting that the ability of second grade students of SDN Rejosari Mojokerto in beginning reading is still low. It was evident from the beginning of the reading test results of students scored below a predetermined KKM school at 65. The cause of the problems of learning to read the beginning of class II SDN Rejosari Mojokerto, namely because during the learning process in choosing the right teacher is not teaching model. This study aims to describe the application of direct instructional model to improve beginning reading skills, learning to read the results of the second grade students of SDN Rejosari Mojokerto, the constraints that occur and how to handle it at the time of the beginning of learning to read by applying direct instructional model.This study uses action research design , which is implemented in 2 cycles . The subjects were teachers and students of SDN Rejosari Mojokerto . Research procedure using a spiral cycle . The technique used in data collection techniques of observation , test engineering , and field notes . The technique used in data analysis techniques and quantitative analysis of qualitative data.The results showed that the implementation of learning that teachers do during the execution of the first cycle and second cycle to get the percentage of adherence to 100 % , while the average score of the learning achievement of the implementation of the teachers in the first cycle was 68,97 and 97,28 in the second cycle. The results of students' learning to read the beginning of the first cycle of completeness percentage gain of 60% and 90 % in the second cycle . Problems were encountered in the process of learning to read by applying direct instructional model can be overcome by giving examples of how to find the information with the appropriate steps.

Keywords:direct instructional model , beginning reading skills , learning outcomes.


Published
2015-06-01
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 23