UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Dian Candra Eni Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Pembelajaran IPA di kelas IV SDN Jotangan Mojosari masih dikemas secara konvensional. Bahkan tidak jarang pembelajaran IPA dilaksanakan dalam bentuk latihan penyelesaian soal dengan tujuan dapat mencapai target nilai tes tertulis evaluasi hasil belajar sebagai “tolok ukur utama” prestasi siswa.Oleh karena itu, peneliti melakukan pembaruan penyajian pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kontekstual.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Jotangan Mojosari.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Jotangan yang berjumlah 30 siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus.Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes.Data observasi aktivitas guru dan siswa pada penerapan model pembelajaran kontekstual dianalisis dalam bentuk persentase.Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 28,20%, yaitu dari 63,75% pada siklus I menjadi 91,95% pada siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 18,75% yaitu dari 76,25% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 20%, yaitu dari 73,33% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II. Aspek afektif siswa  mengalami peningkatan sebesar 14,40% yaitu dari siklus I sebesar 74,20% menjadi 88,60% pada siklus II. Sedangkan aspek psikomotor siswa mengalami peningkatan sebesar 21%, yaitu dari siklus I sebesar 71,90% menjadi 92,90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi guru SD untuk mencoba menerapkan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : model pembelajaran kontekstual, hasil belajar,IPA

 

Abstract: Science learning in the fourth grade of SDN Jotangan Mojosari was still packaged conventionally. Learning science sometimes carried out in the form of problem-solving exercises in order to achieve the target value of the written test evaluation of learning results as a "main benchmarks" on student achievement. Therefore, the researchers conducted a renewal of science learning through the application of contextual learning model.This research purposes to describe effect of the contextual learning model application on science learning in fourth grade SDN Jotangan Mojosari. The subject of this research are all students in fourth grade of SDN Jotangan, amounting to 30 students. The type of this research is action research class that consist of 2 cycles. Each cycle is carried out through four stages, namely planning, execution, observation, and reflection in each cycle. The research data obtained through observation, tests. Observational data activities for teachers and students on the application of contextual learning model is analyzed in terms of percentage. Student achievement test data were analyzed based on the percentage of classical learning completeness.Results of research showed that students learning activities increased 28.20% from 63.75% in the first cycle to 91.95% in the second cycle. Teacher activity increased 18.75% from 76.25% in the first cycle to 95% in the second cycle. Classical completeness of students learning results has increased 20%, from 73.33% in the first cycle to 93.33% in the second cycle. Affective aspects of students learning results increased by 14.40%  from the first cycle of 74.20% to 88.60% in the second cycle. While the psychomotor aspects of students learning results has increased 21% from the first cycle of 71.90% to 92.90% in the second cycle. Based on these results, it is recommended for elementary school teachers to try to apply the contextual learning model in teaching science to improve student learning outcomes.

Keywords: Models of contextual learning, learning outcomes, IPA

 

Published
2015-06-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 30