MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN MEDIA KARTON BERPETAK PADA SISWA KELAS IV SDN BANDUNG 2, KAB. MOJOKERTO

  • Dwi - Widjayanto Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah aktivitas pasif yang ditunjukkan siswa, seperti siswa hanya dibiarkan duduk mendengar, mencatat, menghafal, dan tidak dibiarkan untuk belajar secara aktif, serta kurangnya interaksi dan kerja sama antarsiswa khususnya pada mata pelajaran matematika pada materi jaring-jaring balok dan kubus. Hal tersebut mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa, sehingga diperlukan aktivitas pembelajaran baru yang bisa membangkitkan aktivitas siswa yaitu penggunaan media karton berpetak. Pembelajaran media karton berpetakmerupakan suatu pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif berfikir dan mengembangkan daya imajinasi mereka. Media ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bandung 2 Kab. Mojokerto sebanyak 20 siswa. Penelitian yang menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Presentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 79 % dan 94% pada siklus II. Kemampuan guru dalam mengelola kelas untuk memotivasi siswa agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan. Sedangkan presentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 63% dan 92% pada siklus II. Dapat dilihat terjadi peningkatan baik sikap, serta lebih memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Untuk  pengamatan hasil belajar siswa, juga terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai sebesar 67 pada siklus I dan 83 pada siklus II. Dari hasil yang telah diperoleh pada Penelitian Tindakan Kelas ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media karton berpetakdapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus siswa di SDN Bandung 2 Kab. Mojokerto.

Kata Kunci : Media karton berpetak, Hasil belajar siswa

 

Abstract: The Subjects were fourth grade students of SDN 2 Kab Bandung . Mojokerto that are 20 students. This research using classroom action research design that consists of two cycles . Percentage of teacher activuty in the first cycle is 79 % and 94 % in the second cycle . Teachers ability to manage classroom for motivating the students to be more active in learning activities had been increased While the percentage of students activity in the first cycle is 63 % and 92 % in the second cycle. Can be seen an increase in both attitude , as well as more attention to the subject matter presented by the teacher. For observations of student learning outcomes , there is also an increase in student learning outcomes with an average value of 67 in the first cycle and 83 on the second cycle. From the results obtained in this classroom action research , it can be concluded that the using of terrace cardboard media can increasing teacher activity , student activity and learning outcomes webs of log and cubes of fourth students at SDN 2 Kab Bandung . Mojokerto .

Keywords : Terrace cardboard media, student learning outcomes

 

Published
2015-06-01
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 62