PENGGUNAAN MEDIA STOP WATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Zuli Arifiyanto Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Jombatan II yang terdiri dari 24 siswa.Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media stop watch didapatkan hasil pembelajaran pada siklus I sebagai berikut: aktivitas guru 76,92%, aktivitas siswa 74,52%, dan hasil belajar 66,66%. Karena hasil yang didapatkan belum mencapai  80%, maka dilakukan pembelajaran pada siklus II. Hasil pembelajaran p[ada siklus II adalah  aktivitas guru 90,90%, aktivitas siswa 88,00%, dan hasil belajar 91,66%.

Kata Kunci: stop watch, hasil belajar, Jarak, waktu, dan kecepatan.

 

 

Abstract: The research type used is action research that consists of 2 cycles. Each cycle is carried out through four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were all students of SDN Jombatan II class consisting of 24 students. After used a stop watch media the learning results in the first cycle as follows: 76.92% of teacher activity, student activity 74.52%, and 66.66% of learning result. Because the results obtained have not reached 80%, then the learning is done in the second cycle. The learning result in a second cycle is teacher activity 90.90%, 88.00% student activity and learning result 91.66%.

Keywords:stop watch, the learning result, distanceandspeedtime.
Published
2015-06-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 4292