MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LUAS BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTON BERPETAK PADA SISWA KELAS VI

  • Eka Agus Irwanto Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Dalam pembelajaran matematika materi luas bangun datar siswa kelas VI SDN Modopura I Mojokerto mengalami kesulitan. Siswa sulit memahami dan menguasai materi luas bangun datar. sehingga hasil pembelajaran konsep mencariĀ  luas bangun datar banyak siswa tidak tuntas (gagal). Hal ini disebabkan guru pada saat melakukan pembelajaran tidak menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui obsevasi dan tes. Instrumen penelitian meliputi lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan soal evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media karton berpetak mengalami peningkatan danĀ  mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Kualitas aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 25,9% yaitu dari siklus I sebesar 73,3% menjadi 88,3% pada siklus II. Sedangkan kualitas aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 15%, yaitu dari siklus I sebesar 67,5% menjadi 82,5% pada siklus II. Hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar klasikal siswa mengalami peningkatan sebesar 25% yaitu dari siklus I sebesar 60% menjadi 85% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 25%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 15%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25%.

Kata Kunci : Hasil belajar, Luas bangun datar, Karton berpetak

Abstract: In a matter of learning mathematics broad flat wake sixth grade students of SDN Modopura I Mojokerto having trouble . Students are difficult to understand and master the material flat wide awake . so the concept of learning outcomes seek broad flat wake many students do not complete ( failed ) . This is due to the teacher at the time of learning not use media that conforms to the characteristics of the learning material. Given these problems , it is the teacher doing research . This type of research is descriptive quantitative research class action consisting of 2 cycles. Each cycle is carried out through four stages: planning , implementation, observation and reflection . Data were obtained through observation and tests. Research instruments include research data on teacher activity, student activity and data on student learning outcomes. The results showed the activity of the teacher and media siswamenggunakan checkered cardboard has increased and reached a predetermined success indicators . Teacher activity increased by 25.9 % from 73.3 % in the first cycle to 88.3 % in the second cycle . While the student activity increased by 15 % , from 67.5 % in the first cycle to 82.5 % in the second cycle. Learning outcomes of students with mastery learning classical students has increased by 45 % , from 40 % in the first cycle to 85 % in the second cycle. After doing some research, suggestions for teaching can be delivered in a broad flat wake is to use media checkered cardboard.

Keywords : Learning outcomes , Wide awake flat , checkered Carton

Published
2015-06-01
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 280