PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN DI SEKOLAH DASAR

  • Eka Sri Andayani Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:PenelitianiniberawaldariobservasiyangdilakukanolehpenelititerhadappembelajaranOperasi hitung campuran bilangan bulat di kelas IV SDNGampang – Prambon, Sidoarjo.Penelitimenemukanmasalah,kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakanmedia garis bilangan melainkanbukupaketsebagaisumberbelajarsehinggamengakibatkan sebagianbesarsiswakurangpahamdenganmateripembelajaran.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk mendeskripsikanaktivitasguru,aktivitassiswasertahasilbelajarsiswasetelahmengikutipembelajaran dengan menggunakanmedia garisbilangan.Penelitiandilakukandalam 2siklus.Datapenelitiandiperoleh melaluiobservasidan tes.Hasilpenelitianselama dua siklustelahmengalamipeningkatan.Aktivitasgurumengalami peningkatansebesar13%yaitudari70% padasiklusImenjadi83%padasiklusII.Aktivitas siswamengalamipeningkatan sebesar 13%dari67%padasiklusImenjadi80%dalamsiklusII. Untukhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan sebesar27%yaitudari 56%padasiklusImenjadi83%padasiklusII.

Kata Kunci: media,operasihitungbilanganbulat,hasilbelajar.

 

 

Abstract: Thisresearcherbeganfromtheobservationhavedoneby mathematic researchertomathematics learningatSDN Gampang – Prambon, Sidoarjo.TheresearcherfoundProblemsinlearningactivities; teacher's rolewaslowincreatingstudents’activitiestobeactive.It wasevident atthetimeof teachactivitiesmanystudentswhodid notattentionexplanationteacherandsomestudentsbepassive. Inlearningactivities Teacherjustatext-books besidethat theteacherdid notuseamediasoit’s makeastudentsdid notunderstand withalesson. Soit’smakealessthestudentslearningoutcomes. The purposeofthisresearchistodescribetheactivitiesofteachers, studentactivitiesandstudentlearning outcomesbyusinganumberslines media.Thistype ofresearch isaclassroomactionresearchandthis researchusingdescriptivequantitativemethod.Theresearchconsistsof2cycles.The results for two cycleshaveincreased.Theresultsshowedthatteacheractivitiesincreasedby13%from70%inthe firstcycleto83%intheSecondcycle.Studentsactivitieshasincreasedby13%from67%inthe firstcycleto80%inthesecondcycleandforstudentlearningoutcomesincreasedby27%from56% inthefirstcycleto83%inthesecondcycle Fromtheresearch.

Keywords:Media,Integerarithmeticoperations,thestudyresults.
Published
2015-06-01
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 446