PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II DI SDN BELAHANTENGAH MOJOKERTO

  • Elis Panca Ningrum Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 12 November 2013 pada pembelajaran tematik, belum terlihat pembelajaran tematik yang sebenarnya. Pembelajaran masih menekankan pada sejumlah fakta dan konsep. Guru juga masih sering menggunakan metode ceramah, Masih banyak siswa yang bercengkrama dengan teman sebangkunya, ada yang memukul-mukul meja bahkan ada yang mengantuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SDN Belahantengah Kabupaten Mojokerto melalui penggunaan media gambar pada pembelajaran IPA kelas II tema diri sendiri.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Belahantengah Mojokerto. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 70,8% yaitu dari rata-rata 2,83 pada siklus I menjadi 86,5% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 68,8%, yaitu dari rata-rata 33 pada siklus I menjadi 83,3% pada siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas II SDN Belahantengah Mojokerto mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 67,5% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 84,7% pada siklus II  pada mata pelajaran IPA dan pada mata pelajaran SBK mengalami peningkatan sebesar 67,8% pada siklus I menjadi 87,8% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Belahantengah Mojokerto.

Kata Kunci: Media Gambar, Tematik, IPA

Abstract: Based on the results of observations made by researchers at the date of 12 November 2013 on thematic learning , have not seen the actual thematic learning . Learning is focused on a number of facts and concepts . Teachers are also still often use the lecture method , still many students are chatting with friends sebangkunya , there banging the table and some have sleepy . This study aimed to describe the activities of the teacher , student activities , and student learning outcomes SDN Belahantengah class II Mojokerto through the use of media images in science teaching second grade theme yourself. This type of research is action research that consists of 2 cycles . Each cycle is carried out through four stages: planning , implementation , observation , and reflection . The subjects were all students of class II SDN Belahantengah Mojokerto . Data were obtained through observation , and testing . Data resulting from the activity of the teacher and student observations analyzed in terms of percentage . Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning in classical then described descriptively . The results showed an increase in the percentage of all teachers and students in the first cycle and second cycle . Teacher activity increased by 70.8 %, from an average of 2.83 in the first cycle to 86.5 % in the second cycle . While the student activity increased by 68.8 % , from an average of 33 in the first cycle to 83.3 % in the second cycle . Student learning outcomes acquired SDN Belahantengah class II Mojokerto has increased . Completeness student learning outcomes increased by 67.5 % in the first cycle and an increase of 84.7 % in the second cycle in science subjects and in subjects SBK increased by 67.8 % in the first cycle to 87.8 % in second cycle . Based on the obtained results it can be concluded that the use of media images can improve student learning outcomes SDN Belahantengah class II Mojokerto.

Keywords: Images, Thematic, IPA.

 

Published
2015-06-01
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 124