PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS III SDN WONOREJO II – 313 SURABAYA

  • Ellyana - - Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Bahasa adalah sistem lambang bunyi ujaran yang dalam menulis semua unsur keterampilan berbahasa harus dikonsentrasikan secara penuh agar mendapat hasil yang optimal. Keterampilan menulis siswa kelas III SDN Wonorejo II / 313 Surabaya belum optimal terbukti dari 30 siswa, sebanyak   60 % (18 siswa) belum mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 70. Hal ini terjadi karena selama ini guru masih melaksanakan pembelajaran secara konvensional, yaitu melakukan ceramah dan menugasi siswa langsung menulis narasi tanpa pembimbingan dan pemanfaatan media. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar berseri dalam pelaksanaan pembelajaran menulis narasi. Digunakan gambar berseri karena dapat membantu siswa dalam memahami urutan kejadian dalam sebuah peristiwa. Selanjutnya siswa menulis narasi berdasarkan urutan dalam gambar berseri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa, mendeskripsikan hasil belajar menulis narasi siswa, dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi dan cara mengatasinya. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang bersiklus. Setiap siklusanya melalui tahapan yang sama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan sisiwa kelas III SDN Wonorejo II / 313 Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pelaksanaan pembelajaran mencapai    88.88% dengannilaiketercapaian 62,22. Sedangkan pada siklus II memperoleh 100 % dengan nilai ketercapaian 80.  Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 50 % belum tuntas belajar mencapai KKM 70. Sedang  pada siklus II meningkat menjadi 100 %. Kendala yang dihadapi pada siklus I dan II telah dapat diatasi dengan baik.  Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis Narasi siswa kelas III SDN Wonorejo II / 313 Surabaya

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Gambar Seri, Ketrampilan Menulis, Narasi.

Abstract:Language is a symbol system of the speech sound in writing all of the elements of language skills should be concentrated in full in order to get optimal results . Writing skills of third grade students of elementary schoolWonorejo II / 313 Surabaya has not proven optimal of 30 students , 60 % ( 18 students ) have not reached the KKM set , namely 70 . This is because there are still teachers implement conventional learning , which is conducting lectures and assigned students to write narratives without direct supervision and use of media . To overcome this problem , action research conducted by media images using glow in the implementation of learning writing narrative . Used glow image because it can help students in understanding the sequence of events in an event . Furthermore students write narratives based on the order in the picture glow. This study aims to describe the implementation of learning with the use of media images beamed to improve students' narrative writing skills , write a narrative describing the student learning outcomes , and describes the obstacles encountered and how to overcome them. The study design was a collaborative classroom action research cyclical . Each siklusanya through the same stages , including planning, implementation , and observations and reflections . Subjects were teachers and third class sisiwaelementary schoolWonorejo II / 313 Surabaya. Data were collected by observation, testing , and field notes . The data were then processed and analyzed quantitatively and qualitatively.The results showed that in the first cycle reaches the implementation of learning achievement of 88.88 % with a value of 62.22 . While in the second cycle to obtain 100 % to the value of achievement 80 . Student learning outcomes in the first cycle is not yet complete 50 % KKM learn reached 70 . Being on the second cycle increases to 100 % . Constraints faced in cycle I and II have can be addressed properly .Based on the above conclusion that the use of media beamed images can improve the writing skills of third grade students of elementary school Narrative Wonorejo II / 313 Surabaya

Keywords :Learning Media , Image Series Media, Writing Skills , Narrative .



Author Biography

Ellyana - -, Jurusan PGSD FIP Unesa
Published
2015-06-01
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 19