PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCORVEY SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Emi Nur Faizah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Materi yang disampaikan masih bersifat konvesional tanpa mendapatkan informasi atau materi yang aktual dan pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan perubahan pada sekolah tersebut. Dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran discovery pada pembelajaran IPS dan mengetahui respon siswa setelah guru menerapkan model pembelajaran discovery. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif dan kuantitaif. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pada tiga siklus. Hal ini terbukti pada saat pembelajaran tiap siklusnya selalu memperoleh hasil yang meningkat.

Kata Kunci: Model pembelajaran discovery,keterampilan berpikir kritis, IPS.

 

 

Abstract: This research was based on students’ lack of critical thinking skills when learning activity takes place. Due to the nature of the material that presented was too conventional without getting the information or the actual material and learning dominated by the teacher, so it made teacher centered learning. There for, researcher wants to make at the school. In order to determine the activity of teachers and students renovation, to know increased students’ critical thinking skills through discovery learning model on social studies learning and to know the students response after the teacher applied discovery learning model. This researh used classroom action research using qualitative and quantitative descriptive data analysis techniques. The research was conducted during three cycle,  each consisted of phases such as planing, action implementation, observation and reflection. This research revealed an incerase in teacher activity after applying the three cycle. This was proved during each cycle of learning, always obtain incerased results.

Keywords:Discovery learning model, critical thingking skills, social studies.


Published
2015-06-01
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 23