UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DI SEKOLAH DASAR

  • Eny Sukmawati Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pembelajaran nilai di sekolah yang menyebabakan perwujudan nilai-nilai sosial siswa belum nampak dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang hanya menekankan pada aspek kognitif merupakan salah satu penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap nilai yang terkandung dalam suatu materi pembelajaran. Hal ini tercermin dalam  sikap siswa yang sulit memahami dan melaksanakan nilai-nilai dalam kehidupan sosial. Kondisi tersebut membutuhkan suatu pembelajaran yang dapat menyelaraskan ranah kognitif, psikomotor dan afektif siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)pada mata pelajaran IPS dalam materi Peninggalan benda sejarah. Model pembelajaran VCT diterapkan karena dapat membina kesadaran siswa mengenai nilai-nilai yang dimilikinya baik yang positif maupun yang negatif untuk kemudian dibina kearah yang meningkat.VCT merupakan langkah untuk menanamkan suatu dan membina siswa mengenai cara menilai, mengambil keputusan terhadap suatu nilai umum untuk kemudian dilaksanakannya sebagai warga masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Ngembeh 1 Dlanggu Mojokerto sebanyak 27 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, siswa,hasil  belajar dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu peningkatan pada setiap aspek tujuan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran VCT dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan respon siswa kelasIV SDN Ngembeh 1 Dlanggu Mojokerto.

Kata Kunci: Model pembelajaran VCT , Hasil belajar, IPS

 

 

Abstract: The background ofthisresearchwas the lack ofvalueof learninginschoolscausingthe manifestation of student social values​​studentshave notseen ineveryday life. Learningthatonly emphasized thecognitive ofthe causes ofthe lack ofstudents' understanding ofthe valuecontained inthelearning materials.This was reflected in the attitudes of the students that are difficult to understand and implement the values ​​in social life. These conditionsrequirealearning that canharmonizethe cognitive, psychomotorandaffectivestudentwas to apply thelearning modelValueClarificationTechnique (VCT) in social studiesin the materialRelics object of history.VCTappliedlearning modelbecause it canfosterstudents' awarenessabout the values​​it hasbothpositive andnegativeforlaterfosteredtowardsincreased. VCTwasasteptoinstillandnurturestudentson how toassess, take adecision on acommonvalueforlaterexecutionascitizens.This study usesclassroom action research. Theresearch subjectswere students V C at SDN Ngembeh 1 Dlanggu Mojokertoas many as 27 students. The instrument in this research was teacher observation sheets, students, and non-test learning outcomes. The results showedanimprovementineveryaspect ofthe purposeof research conducted. Based onthese results we beconcludedthatlearningby applying the modelof learninginsocial studies learningVCTcanincrease the activity ofteachers, student activities, studentlearning outcomesandresponseclass IV at  SDN Ngembeh 1 Dlanggu Mojokerto.

Keywords:VCTlearning model, Learning outcomes, Social Studies
Published
2015-06-01
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 490