MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGANBAGI SISWA KELAS IV SDN NGIMBANGAN KAB. MOJOKERTO

  • Erna Megawati Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Berdasarkan latar belakang dalam penelitian ini dinyatakan bahwa siswa kelas IV Ngimbangan Mojokerto mengalami kesulitan di dalam memahami materi pembelajaran operasi penjumlahan bilangan bulat. Hal ini karena selama pembelajaran berlangsung guru belum memperhatikan kebutuhan belajar siswa, baik penggunaan metode dan media yang sesuai dengan karakteristik perkembangan psikologi siswa maupun karakteristik materi pembelajarannya. Kondisi ini menyebabkan kegagalan belajar siswa baik terhadap pencapaian KKM maupun SKM dari materi pembelajaran operasi hitung penjumlahan bilangan bulat. Dengan demikian pembelajaran materi operasi penjumlahan bilangan bulat yang dilakukan bersama siswa kelas IV SDN Ngimbangan Mojokerto perlu diperbaiki, dimana guru selama pembelajaran berlangsung sangat perlu menggunakan media yang sesuai, yaitu garis bilangan.  Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif dengan teknis analisis data sama antara aktivitas guru dan aktifitas siswa, yaitu: P= (f/N) x 100%, dan hasil belajar siswa dengan N= (∑Skor yang diperoleh: ∑ Skor Maximal) x 100.  Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ngimbangan Kab. Mojokerto sebanyak 25 siswa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian bersiklus sebanyak dua (2) siklus. Hasil penelitian siklus pertama (I) pada aktivitas guru 78,8% dan aktivitas siswa mencapai 62,5% serta hasil belajar siswa 64%. Pada siklus kedua (II) hasil aktifitas guru menunjukkan peningkatan sebesar 13,2% menjadi 92%, aktivitas siswa menunjukkan peningkatan sebesar 28,1% menjadi 90,6% serta hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 24% menjadi 88%.  Dari hasil yang telah diperoleh dapat kesimpulan bahwa penggunaan media garis bilangan pada pembelajaran materi penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa SDN Ngimbangan Mojokerto dengan baik.

Kata Kunci : Media garis bilangan, Hasil belajar siswa

 

 

Abstract: Pursuant to background in this research expressed that class IV Ngimbangan Mojokerto student find difficulties in comprehending study items operate for integer quantifying. This matter because during study take place teacher not yet paid attention to requirement learn student, good media and method use matching with the psychology growth characteristic student and also his study items characteristic. This condition cause failure learn student do well by attainment Completenes Minimal Criterial and also Minimum Completem Standed from study items operate for to count integer quantifying. Thereby the items study operate for integer quantifying with class IV SDN Ngimbangan Mojokerto student require to be improve;repaired, where teacher during study take place very require to use appropriate media, that is mark with lines number.Intention of this research for mendeskripsikan of teacher activity, activity learn and result of learning the student. Method used in this research quantitative diskriptif technically analyse data of equal between activity learn and aktifitas student, that is: P= (f/N) x 100%, and result of learning the student by N= sum obtained Score in for sum Score Maximal x 100.Subjeck Research class IV State Elementari School Ngimbangan Regency student. Mojokerto as much 25 student. Research use research device  have cycle of[is two of (2) cycle.Result of first cycle research (I) activity learn 78,8% and the student activity reach 62,5% and also result of learning student 64%. second cycle (II) result of aktifitas teacher show improvement equal to 13,2% becoming 92%, student activity show equal to 28,1% becoming 90,6% and also result of learning to experience of improvement equal to 24% becoming 88%.From result which have been obtained to earn conclusion that use of media mark with lines number study of items of quantifying of integer can improve teacher activity, activity of student and result of learning student of SDN Ngimbangan Mojokerto better.

Keywords : Media mark with lines number, Result of learning student

 

Published
2015-06-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 144