PENGGUNAAN MEDIA PETA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENDIDIKAN SOSIAL SEKOLAH DASAR

  • Fathulloh Huda Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang dilakukan dengan penggunaan media peta untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang persebaran sumber daya alam Indonesia pada siswa kelas IV SDN Brayung 1 Mojokerto. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Brayung 1 Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 19 siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Data observasi penelitian guru dan siswa pada penggunaan media peta dianalisis dalam presentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan presentase ketuntasan belajar klasikal.

Kata kunci : penggunaan media peta, meningkatkan hasil belajar

Abstract: This research aims to improve the results of students’ study about the spread of Indonesia’s Natural Resources on the fourth grade students of SDN Brayung 1 Mojokerto by using “map” as a media.  The subjects of this research were the fourth grade students of SDN Brayung 1. There were 19 students on that grade. This research used classroom action research method which contains of 2 cycles. Each cycle was run into three steps; planning, acting and observing, and reflecting. The data of this research were obtained from observation and test. The observation of the researcher and students’ activity during teaching learning process using map was analyzed in percentage. Furthermore, the results of students’ test were analyzed based on classical study completeness percentage.

Keywords: map as media, improve students’ results

Published
2015-06-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 288