PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERWARNA PENGATEGORI UNSUR CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS I SDI AISYAH WONOKROMO SURABAYA

  • Fatwa Dyikrul laila Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Di SDI Aisyah Wonokromo, keterampilam menyimak cerita siswa masih rendah. Terbukti, dari hasil evaluasi menjawab pertanyaan berkaitan dengan unsur cerita diketahui bahwa dari 14 siswa hanya 8 siswa (57%) yang tuntas belajar mencapai KKM 7,00. Untuk mengatasinya, digunakan media kartu berwarna pengategori unsur cerita dengan pemberian tiga macam warna. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media kartu berwarna pengategori unsur cerita untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas I SDI Aisyah Wonokromo Surabaya dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas I. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Selanjutnya data yang telah terkumpul akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media kartu berwarna pengategori unsur cerita untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa pada siklus I menunjukkan bahwa, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85% sedangkan pada siklus II terlaksana sebesar 95%, maka terjadi peningkatan sebesar 10%. Untuk rata-rata nilai ketercapaian siklus I sebesar 73,12, sedangkan pada siklus II sebesar 86,88, maka terjadi peningkatan sebesar 13,76. Untuk ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 64,28% sedangkan pada siklus II sebesar 85,71%, maka terjadi peningkatan sebesar 21,43%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu berwarna pengategori unsur cerita dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas I SDI Aisyah Wonokromo Surabaya.

Kata kunci: media kartu warna, keterampilan menyimak, dongeng.

Abstract: In SDI Aisyah Wonokromo, story listening skills of students is still low. Evidently, the results of the evaluation to answer questions relating to the elements of the story of 14 students note that only 8 students (57%) were thoroughly studied reach minimum completeness criteria 70. To overcome this, the media used colored card categorize story elements by providing three kinds of color. The purpose of this study is to describe the implementation of learning by using colored card media categorize story elements to improve listening skills story first grader Aisyah Wonokromo SDI Surabaya and to describe class I student learning outcome. The design of the research is Classroom Action Research. Data collection techniques used were observation and testing, . Furthermore, the data that has been collected will be analyzed quantitatively and qualitatively. Based on the results of the study of media use colored cards categorize story elements to improve students' listening skills story in the first cycle showed that, the percentage of improvement study by 85%, while in the second cycle executed by 95%, then an increase of 10%. For the average value of the achievement of the first cycle of 73.12, while in the second cycle of 86.88, then an increase of 13.76. For classical completeness in the first cycle reached 64.28%, while in the second cycle of 85.71%, then an increase of 21.43%. From these results it can be concluded that the use of colored cards categorize media story elements story can enhance students' listening skills class I SDI Aisyah Wonokromo Surabaya.

Keywords: color cards media, children literature, listening.

Published
2015-06-01
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 29