PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MARMOYO JOMBANG

  • Hari Nurachmad Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitassiswa, hasil belajar dan respon siswa dengan diterapkannya model pembelajarankooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan dua siklus subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Marmoyo Jombang yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan melalui empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasidan refleksi.Instrumen yang digunakan untuk mengetahui aktivitas guru adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa adalah lembar observasi aktivitas siswa, hasil belajar siswa untuk ranah kognitif menggunakan instrumen tes evaluasi sedangkan untuk penilaian afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi, dan lembar angket untuk respon siswa yang diberikan pada siklus II. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan hasil belajar siswa dan respon siswa.

Kata Kunci: IPA, model pembelajar kooperatif tipe STAD, hasil belajar

 

Abstract: The purpose of this study was to describe the activities of teachers, student activities, student learning outcomes and response to the implementation of STAD cooperative learning model. This study conducted two cycles of the study subjects were fourth grade students at SDN Marmoyo Jombang who were 30 students. This study was designed with classroom action research (PTK) conducted through four stages: planning, implementation, observation and reflection. The instrument used to determine the activity of the teacher is the teacher observation sheet activity, student activity sheets observation is student activity, student learning outcomes for cognitive evaluation using test instruments and for affective and psychomotor assessment using observation sheets and questionnaires for student response sheet given to second cycle. The method used is descriptive qualitative, the results showed that the STAD cooperative model can enhance the activity of teachers, increase the activity of students, improve student learning outcomes and student response.

Keywords: science, STAD cooperative learning models, learning outcomes

Published
2015-06-01
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 253