PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN II KRIKILAN

  • Hebbry Juliansah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Menulis pada dasarnya bukan sekadar menuangkan isi pikiran ke dalam bentuk tulisan, tetapi lebih pada proses kreatif dalam menuangkan gagasan ke dalam wacana agar dapat dibaca, dipahami dengan mudah, dan lebih dari itu menarik untuk dibaca oleh orang lain. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas IV SDN II Krikilan Gresik, menunjukkan bahwa guru belum menggunakan media pembelajaran sehingga siswa menjadi pendengar pasif dan merasa jenuh ketika mengikuti kegiatan pembelajaran.Sebanyak 16 siswa (61%) dari 26 siswa, belum tuntas belajar mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 65.Tampak dalam tulisan deskripsi siswa bahwa siswa masih belum dapat menggambarkan objek dengan tepat, dan belum dapat menggunakan ejaan dan tanda baca dengan tepat.Selanjutnya, digunakan media gambar puzzle dalam pelaksanaan pembelajaran diharapkan keasyikan siswa saat menyusun gambar puzzle sehingga membentuk gambar yang utuh berlanjut menjadi keasyikan saat menulis deskripsi tentang gambar.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakansecara bersiklus. Setiap siklus selalu melalui tahapan yang sama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN II Krikilan Gresik.Teknik pengumpulan data dengan observasi dan catatan lapangan.Selanjutnya, data yang ada diolah dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil menunjukkan persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I dan II mencapai 100% (sangat baik).Adapun nilai ketercapaian pada siklus I sebesar 60 sedangkan siklus II sebesar 85. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 61,5% dan meningkat menjadi 88,5% pada siklus II. Kendala-kendala yang muncul pada siklus I telah dapat diatasi sehingga tidak terjadi lagi pada siklus II. Disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN II Krikilan Gresik. Untuk itu, disarankan kepada guru, sekolah, dan peneliti lain untuk menggunakan media gambar puzzle sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis deskripsi.

Kata kunci: Media Gambar Puzzle, Keterampilan Menulis deskripsi.

 

Abstract: Write basically rather than simply pouring contents of thoughts into the form of writing, but more on the creative process in pouring the idea into a discourse  that can be read, understood easily, and even more interesting to read by others. Observation implementation of learning to write in 4th grade State Elementari School II Krikilan Gresik, showed that teacher is not using learning media so that student become passive listeners and feel bored when following the activity of learning. A total 16 students (61%) of the 26 students, hadn’t learned to achieve specified completemen minimum critical, namely 65. Look in the description of the students that student have still not been able to describe the object correctly, and have not been able to using spelling and punctuation appropriately. Next, use the media picture puzzle in the implematation of learning expected of student when composing pictures fun puzzle that forms a pictures of the whole continued to be fun while writing a description of the image. This research used a class action research design was carried out by these forces cycle. Each cycle is always through the same stages, there are planning, action, and  observations, and reflections. The technique of data collection by observation and field notes. Next, the data was processed and analyzed quantitative and qualitative.The results show the percentage of implemented learning cycles I and II reaches 100% (very good). As for the value of achieved on cycle I of 60 while the cycles II amounted to 85. The percentages of completed of classical learning in the cycle I was 61.5% and increased to 88.5% in cycle II. Constraints that happened in the cycle I have been able to be overcome so that no longer occurs in cycle II.   It was concluded that the implematation of the learning skills to write descriptions by using images puzzles media can improve writing skills description 4th grade SDN II Krikilan Gresik. To that end, it is recommended to teachers, schools, and other researchers to use the puzzle images media as one of the alternatives in learning to write description.

Keywords: Images puzzles media, Writing skills description

Published
2015-06-01
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 182