PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAROPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT

  • Indah Syilvia Santoso Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalahuntuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan media garis bilangan dengan penentu langkah pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelasyang terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaantindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 37 siswa kelas VB SDN Jeruk III/471 Surabaya. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru sebesar 18,18%, dari 78,98% pada Siklus I menjadi 97,16% pada Siklus II; peningkatan aktivitas siswa sebesar 15%, dari 78,13% pada siklus I menjadi  93,13% pada siklus II; dan peningkatan hasil belajar sebesar 13,51%, dari 78,38% pada siklus I menjadi 91,89% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan media garis bilangan dengan penentu langkah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SDN Jeruk III/471 Surabaya. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: media garis bilangan dengan penentu langkah, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, hasil belajar

 

Abstract: The purposes of this researches is toincrease students learning result by applying number line media with a decisive step in  material operations of addition and subtraction of integers.This research use class action research design which consist of three phases, they are planning, action observation, ang reflection. The subject of this research are fifth-grade student of SDN Jeruk III/471 Surabaya. The method which applied in this research is observation and test. While the data collection instruments used teacher and student observation activites, and result of student learning. The data were analyzed quantitatively. The results of this research showed that teacher activites increse 18,18%, from 78,98% in the first cycle, become 97,16% in second cycle; the students activities increase 15%, from 78,13% in the first cycle, become 93,13% in second cycle; and problem solving skills increase 13,51%, from 78,38% in the first cycle, become 91,89% in second cycle. The conclusion of this research is the learning material addition and subtraction of integers using the number line media with decisive steps can improve learning result of the studeny fifth B grade SDN Jeruk III/471 Surabaya. Therefore, the teachers can use media in learning to improve the student learning result.

Keywords: number line media with a decisive step, addition and subtraction of integers, the result of learning


Published
2015-06-01
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 2563