MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA TEMA HIBURAN SISWA KELAS III SDN POHKECIK DLANGGU MOJOKERTO

  • Lilik Mariayani Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penggunaan strategi yang cenderung monoton, yaitu ceramah yang disertai sedikit tanya jawab dalam menyajikan materi pelajaran oleh guru kelas III SDN Pohkecik Dlanggu Mojokerto, mengakibatkan siswanya kurang berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dan akhirnya menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa terutama pada keterampilan menulis puisi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan suatu pembelajaran yaitu dengan  menggunakan media gambar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan IPA. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I, siklus IIdimana setiap tindakan diamati melalui lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Untuk mengetahui hasil dari tindakan yang telah diberikan dilakukan evaluasi dengan mengadakan tes tulis disetiap akhir siklusnya.
Dari hasil yang diperoleh dari penelitian siklus I nilai rata-rata bahasa Indonesia 64,18, siklus II nilai rata-rata bahasa Indonesia menjadi 80,11.  Jumlah siswa mencapai keberhasilan juga meningkat dari siklus I sebanyak 17 orang atau 63 % menjadi 22 orang atau 89 % pada siklus II dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 27 orang. Peningkatan hasil belajar siswa ini seiring dengan keaktifan siswa di dalam proses pembelajarannya yang juga selalu mengalami peningkatandisetiapsiklusnya. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan menulis puisi siswa dalam pembelajaran tematik bahasa Indonesia dan IPA khusnya kelas III SDN Pohkeecik Dlanggu Mojokerto dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa dari siklus I sampai siklusII.

Kata Kunci : Keterampilan, Menulis, Media, Gambar, Tematik

Abstract: The use of strategies that tend to be monotonous, which is accompanied by a little lecture question and answer in presenting the subject matter by the third grade teacher at SDN Pohkecik Dlanggu Mojokerto , resulting in less students play an active role in participating in learning Indonesian and ultimately lead to low student learning outcomes , especially in poetry writing skills . To overcome these problems by applying an effort of learning is by using media images. Classroom Action Research (CAR ) aims to improve writing skills in learning Indonesian poetry and science . This research was conducted in two cycles , i.e the first cycle , the cycle II where every action is observed through observation of student activity sheets and teacher observation sheet activities . To find out the results of the actions that have been given to be evaluated by conducting written tests each end of the cycle .
From the results obtained from the first cycle of the study the average value of 6
4,18 Indonesian , second cycle average value of Indonesian to 80,11 . The number of students achieving success also increased from the first cycle to 17 people , or 63 %, to 22 or 89 % in the second cycle of the total number of students by 27 people . Improving student learning outcomes is in line with the involvement of the student in the learning process are also always increase every cycle. Based on the results obtained in the study , it can be concluded that by using the media to increase the activity of students drawing and poetry writing skills of students in thematic learning Indonesian and Science especially the third  grade of SDN Pohkecik Dlanggu Mojokerto  can be seen from the test results of students' learning cycle I to cycle II .

Keywords : writing, skills , media, images , Thematic

Abstract Views: 20
PDF Downloads: 125