PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK TEMA BUDI PEKERTI SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Mamik Wijayanti Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi di kelas I SDN Purwojati 1 Mojokerto,  bahwa siswa mengalami kesulitan dan kurang fokus dalam  menyimak cerita yang disampaikan guru. Dan sebanyak 63% dari 19 siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 72. Penyebab keterampilan menyimak siswa kurang maksimal, dikarenakan guru tidak menggunakan media dan pembelajarannya masih konvensional belum menerapkan pembelajaran tematik. Untuk memperbaiki kualitas pembelajaran tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa dan menerapkan pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam penggunaan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita dan hasil menyimak siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek PTK ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Purwojati 1 Mojokerto yang berjumlah 19 siswa. Dan lokasi PTK dilaksanakan di SDN Purwojati 1 yang terletak di Desa Purwojati, Kecamatan Ngoro, Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 73,91% dan siklus II 96,17%. Ketercapaian aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 73,91, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 96,17. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 73,82% dan siklus II 86,76%. Ketercapaian aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 73,82, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 86,76. Kemudian, persentase pada siklus I ketuntasan belajar klasikal keterampilan menyimak untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia mencapai 52,63%, sedangkan pada siklus II mencapai 94,74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak tema budi pekerti siswa kelas I SDN Purwojati 1 Mojokerto

Kata kunci: Media, keterampilan menyimak, tema budi pekerti.

 

Abstract: Based on observation in 1th grader of elementary school Purwojati 1 Mojokerto, That students have difficulty listening and less focus on the story told by the by the teacher. And as many as 63 % of the 19 students who have not reached the KKM set, which is 72. Causes of listening skills of students less than the maximum, because the teacher does not use conventional media and learning still has not implemented thematic learning. To improve the quality of the teaching, research conducted using audio-visual media to enhance the listening skills of students and implement thematic learning. This study aimed to describe the increase in the activities of teachers and students in the use of audio-visual media to enhance the listening skills of students listened to the story and the outcome.The design of this study is action research ( PTK ) in collaboration conducted in two cycles. Each cycle was conducted in two meetings with the stages of planning, action, observation, and reflection. TOD is subject teachers and students in 1th grader of elementary school Purwojati 1 Mojokerto totaling 19 students. And implemented TOD locations in elementary school Purwojati 1 is located in the village Purwojati, District Ngoro, Mojokerto. Data collection techniques used were observation and tests. Analysis using descriptive data analysis of qualitative and quantitative.The results showed that the activity of the teacher in the first cycle gain value of 73.91 % and 96.17 % second cycle. Achievement activity teacher in the first cycle gain value of 73.91, while in the second cycle gain value of 96.17. While the activities of students in the first cycle gain value of 73.82 % and 86.76 % second cycle. Achievement activity of students in the first cycle gain value of 73.82, while in the second cycle gain value of 86.76. Then , the percentage of the first cycle of mastery learning classical listening skills to Indonesian subjects reached 52.63 % , while in the second cycle reached 94.74 %. It can be concluded that the use of audio-visual media can enhance listening skills manners theme first grade students of elementary school Purwojati 1 Mojokerto.

Keyword: media , listening skills , character theme

Published
2015-06-01
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 81