PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIAPEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN MOJOKUMPUL 1 MOJOKERTO

  • Marttadiana Yenninura Widyastanti Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

 

Abstrak:Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang terjadi yaitu guru pada pembelajaran menulis karangan hanya memberikan penjelasan secara singkat tentang menulis karangan kemudian siswa diberi tugas menulis karangan berdasarkan pengalaman siswa masing-masing. Hal ini menyebabkan keterampilan menulis deskripsi siswa masih rendah yaitu 63% dari 19 siswa belum mencapai KKM.Dalam pembelajaran menulis KKM sebesar 70.Berdasarkan permasalahan diatas maka diperlukan upaya pemecahan masalah untuk mengatasinya yaitu dengan pemanfaatanmedia media lingkungan sekitar sebagai media pembelajaranuntuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan pemanfaatan media lingkungan sekitar sebagai media pembelajaranuntuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi, hasil belajar siswa, serta kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Mojokumpul 1 Mojokerto. Siswa kelas V berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik tes, catatan lapangan dan teknik dokumentasi. Hasil pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase keterlaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 96,05% dan siklus II sebesar 100%. Sedangkan nilai ketercapaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 73,59 dan siklus II sebesar 89,57. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 68,42% dan siklus II sebesar 89,47%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatanmedia lingkungan sekitar sebagai media pembelajaranuntuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Mojokumpul 1 Mojokerto. Kendala-kendala yang ditemukan saat pelaksanaan pembelajaran dapat diatasi dengan baik dengan melakukan refleksi dengan observer.

Kata Kunci: media lingkungan sekitar, media pembelajaran, keterampilan menulis, deskripsi.

 

 

Abstract: This study was conductedbased onproblemsthat occur areteachersinlearningto writeessaysjustgive a brief explanationabout writingessaysand thenstudentswere giventhe task of writingessaysbased onthe experienceof eachstudent. This leads toa description ofstudents'writing skillsare still lowlow at63%of the19studentswhohave not reached theCompletensi Minimum Criteria in learning to write a minimum of 70. Based onthe aboveproblem-solving efforts are neededtoovercomethe problemis tousethe environmental mediaas a medium learningtoenhance thewritingskills ofdescription. The purposeof this studyistodescribethe implementation of learningwiththe use ofthe environmental mediaas a medium learningtoimprove writing skillsdescription, student learning outcomes, as well asthe constraintsandhow to overcome them. This study uses action research design. The subjects were teachers and 5th grade students of Mojokumpul 1 Elementary School Mojokerto. Fifth grade students numbered 19 students consisting of 8 male students and 11 female students. The techniques used to collect the data are observation, test, and documentation. The result of the implementation of using environmental media as the medium learning has increased from cycle I to cycle II. Percentage feasibility study first cycle of 96,05% and a second cycle of 100%. While the implementation of learning achievement scores on the first cycle of 73,59 and 89,57 for the second cycle. Percentage increase student mastery of learning outcomes from the first cycle to the second cycle, the percentage of students in the first cycle completeness of 68,42% and 89,47% for the second cycle. of these results it can be concluded that the use of the environmental media as a medium learning to improve student writing skills class descriptions on Mojokumpul 1 Elementary School Mojokerto Mojokerto. The constraints found during the implementation of learning can be addressed either by reflecting the observer.

Keywords:environmental media, medium learning, writing skills, a description.
Published
2015-06-02
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 352