PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SDN SUMBERREJO I BOJONEGORO

  • Nanang Choirul Umam Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan menulis puisi bebas siswa. Kenyataan ini terjadi karenaguru dalam pengajarannya tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa bosan, hal inilah yang mengurangi minat belajar siswa karena siswa tidak diberi kesempatan untuk aktif pada proses pembelajaran, sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media benda konkret tiga dimensi untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas, hasil belajar siswa, kendala-kendala yang terjadi pada saat pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media benda konkret tiga dimensi.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya dan memenuhi indikator keberhasilan.

Kata Kunci: media benda konkrettiga dimensi, keterampilan menulis, puisi bebas

 

Abstract: This research is based on the low free poem writing skills of students. This fact occurred because the teacher in teaching does not use the media learning so that students ger bored, it reduce the learning interest of students because the students are’n give the opportunity to be able active in learning process, it’s the teacher centered learning. To aim describe using of real objects 3-D media to increase the writing sklills of free poem, students learning outcomes, constraints that occur when learning to write poetry using concreate 3-D media object. This research is a study of a class act with descriptive data analysis techniques using qualitative and quantitative. This research consist of two cycles. The instruments used, the test observation sheet and fieldnotes. The result showed that the studentspoerty writing skills has increased in every cycle and meet the indicators of success.

Keyword : real object 3 dimension, writing skills, free poem

Published
2015-06-02
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 47