MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMECAHKAN MASALAH PERHITUNGAN YANG BERKAITAN DENGAN UANG MENGGUNAKAN MEDIA UANG MAINAN PADA SISWA KELAS III SDN CUPAK NGUSIKAN JOMBANG

  • Narto - - Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Berdasarkan observasi awal, maka peneliti melaksanakan penelitian dengan judul memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang menggunakan media uang mainan pada siswa kelas III SDN Cupak Ngusikan Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN SDN Cupak Ngusikan Jombang. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes yang terdiri dari data hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan data tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian untuk aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa adalah 80%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I mengalami peningkatan persentase sebesar 13,34% dari 73,33% menjadi 86,67% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 13,75%, yaitu dari 74,17% menjadi 87,92%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 14,28%, yaitu dari 71,43% menjadi 85,71%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa  penggunaan media uang mainan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Uang mainan, Hasil belajar, Matematika, SD.

 

 

Abstract: Based on preliminary observations , the researchers conduct research with the title of solving problems related to money calculations using the media play money at third grade students of state elemaentary school  Cupak Ngusikan Jombang . This type of research is action research that consists of 2 cycles . Each cycle is carried out through four stages: planning , implementation , observation , and reflection . The subjects were all students of class III state elementary school Cupak Ngusikan Jombang . Data were obtained through observation , and result test data consists of observations of teacher activity , student activities , and student result by study test data . Indicators of success for the research activities of the teacher , student activities and student result by study is 80 % . Theobservation results of the  teacher activity in the first cycle have increased the percentage by 13.34 % from 73.33 % to 86.67 % in the second cycle . Student activity increased by 13.75 % , from 74.17 % to 87.92 % . Mastery learning in classical students has increased by 14.28 % , from 71.43 % to 85.71 % . Based on the obtainedresults , it can be concluded that the use of toys money media to improve the activity and student result by study.

Keywords:Toys money, Results by study, Math, Elementary school.


Published
2015-06-02
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 15