PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN SEDERHANA TEMA JENIS PEKERJAAN DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DI SEKOLAH DASAR

  • Nurul Hidayati Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah karena sebagian besar nilai hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana tema jenis pekerjaan belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Hal tersebut dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran lama yaitu menggunakan metode ceramah dan penggunaan media kurang inovatif.Solusi dari permasalahan tersebut yaitu menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan sederhana tema jenis pekerjaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana tema jenis pekerjaan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi.Instrumen yang digunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar penilaian hasil belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II.

Kata kunci :Media Gambar seri, Hasil Belajar, Menulis Karangan Sederhana

 

Abstract: The background of this research is that most of the value of student result study in a write simple article theme of this type of work has not reached the predetermined KKM. That is because teachers are still using the old learning methods that use the lecture method and less innovative use of media. The solution to these problems is to use a picture series of media in teaching write simple article theme kind of work. The purpose of this study was to determine how an increase in the activity of the teacher, student activities and student result study in a write simple article theme of this type of work. This study uses action research consisted of two cycles. Each cycle consists of planning, action and observation, and reflection. Instruments used teacher observation sheet activities, observation of student activity sheets and sheets of student result study assessment. The data analysis technique used is a qualitative description. The results showed that the activity of the teacher, student activities and student result study in a write simple article has increased from cycle I to cycle II .

Keywords: Picture series Media, Result study, Write simple article

Published
2015-07-01
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 27