PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Prafangesta Frandi Ekananda Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak; Berdasarkan hasil observasi di SDN Pungging 3 Mojokerto khusunya di kelas IV, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga membuat pembelajaran IPS menjadi membosankan bagi siswa sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan cara menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktifitas guru, aktivitas siwa, hasil belajar dan kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa selama proses pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar dari siklus I-III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melalui empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pungging 3 Mojokerto yagn berjumlah 25 orang. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, wawancara guru dan siswa, serta tes hasil nilai. Indikator keberhasilan penelitian yakni aktivitas guru dan siswa mencapai 80%, ketuntasan belajar siswa dengan nilai minimal 70 dan persentase klasikal 80%. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga iklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 76%, siklus III sebesar 92%. Selain itu dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya aktivitas guru dan aktivitas siswa. Dapat disimpulkan bahwa materi sumber daya alam dan pemanfaatannya dapat diajarkan dengan menggunakan media gambar karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Media Gambar, Hasil Belajar

 

Abstract: Based on observations in SDN Pungging 3 Mojokerto especially in the fourt grade student, indicate that the learning process is centered on the teacher, students are less actively involved in learning. Teachers are still using conventional learning models that make the social studies become a booring learning for students. So that, result of his study is still low. One of the way to improve the result of student learning the application of using media picture. This study aims to assess the activities of teachers, s activities, learning outcomes and the constraints faced by teachers and students during the learning process by using picture from the first cycle until third cycle. This research is a classroom action research that was done throught four steps, they are: planning, action, research, and reflection. The subjeck in this observation is the students of fourth grade in SDN Pungging 3 Mojokerto with 25 students. The instrument that was used in this observation is teacher activities, observation of students activities, interview teacher and students, and result of study test. The succesful indicators in this research are teacher and students get 80%, the achievement of study with minimal score 70 and classical percentage 80%. The data obtained analyzed and presented in the from fof qualitative and quantitative descriptive. The experiment was conducted in three cycle. The result showed that by using picture as the media can improve the result of student learning with the average value obtained in the first cycle amounted to 64%, second cycle at 76%, and the third cycle 92%. In addition, the results also showed that her was an improvement in teacher activity and students activity. It can be concluded that the materials and utilization of natural resources can be taught by using images as the media can improve student learning outcomes in learning..

Keywords: social studies, picture Media, results of learning..
Published
2015-07-01
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 66