PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA HIBURAN SISWA KELAS 2 SD NURUL ISLAM MOJOKERTO

  • Putri Anditasari Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Dalam rangka mensukseskan program wajib belajar dan menghadapi era globalisasi, dibutuhkan guru yang kreatif, mampu mengelola proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, antara lain dengan model pembelajaran tematik.Penelitian ini bertujuan untukĀ  mengkaji aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran tematik dengan media benda konkret dan mengkaji dampak penggunaan media konkret terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika dan IPA pada tema hiburan, Siswa Kelas 2 SD Nurul Islam Mojokerto. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah Action Reseach atau lebih dikenal dengan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada setiap siklus I, peneliti menerapkan model pembelajaran tematik dengan tema hiburan dengan metode STAD. Proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa diamati oleh peneliti dan guru kelas menggunakan lembar observasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Nurul Islam Mojokerto yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 13,5%. Pada siklus I memperoleh 74% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sebesar 14,6% dari 65,67% pada siklus I menjadi 80,3% pada siklus II. Selanjutnya ketuntasan hasil belajar matematika siswa yang mengalami peningkatan sebesar 35% yaitu dari siklus I sebesar 50% menjadi 85% pada siklus II. Sedangkan mata pelajaran IPA meningkat sebesar 25%, dari 60% menjadi 85%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar tema hiburan pada siswa kelas II SD Nurul Islam Mojokerto

Kata Kunci : Media konkret, tema hiburan, hasil belajar

Abstract : In order to succeed the compulsory program and the era of globalization, it took a creative teacher , able to manage the learning process effectively and efficiently, such as by thematic learning model. This study aimed to assess the activities of teachers and students in thematic learning with concrete objects and media examine the impact of media use on concrete learning outcomes in mathematics and science subjects in the entertainment theme, student second grade Nurul Islamelementery school Mojokerto.The methodology used in the study is Action Reseach or better known as CAR (Classroom Action Research), which consisted of four stages, planning, implementation, observation and reflection. In every first cycle, researchers applied a thematic learning model with the entertainment theme STAD method. The learning process and student learning activities observed by researchers and classroom teachers use observation sheet. Research subjects in this study were students in grade 2 elementary school Nurul Islam Mojokerto with 20 students. Collecting data using the method of observation and tests student learning outcomes.The results showed that the results of teacher activity increased by 13.5 % . In the first cycle and gained 74 % in the second cycle increased to 87.5 % . Student activity also increased by 14.6 % from 65.67 % in the first cycle to 80.3 % in the second cycle . Further mastery of mathematics learning outcomes of students increased by 35 % from the first cycle of 50 % to 85 % in the second cycle . While teaching science increased by 25 % , from 60 % to 85 % . This shows that by using concrete objects media can improve learning outcomes in the entertainment theme second grade elementary school Nurul Islam Mojokerto

Keywords :Concrete Media, theme entertainment , learning outcomes

Published
2015-07-01
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 946